PSIS Punya Target Masuk Bursa Saham pada 2022

Oleh Vincentius Atmaja pada 20 Mei 2019, 18:15 WIB
PSIS Semarang

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang tertarik mengikuti jejak yang dirintis Bali United. Seperti diketahui, klub yang bermarkas di Gianyar itu mengambil langkah strategis, dengan masuk bursa saham.

Bali United dikabarkan makin mendekati keberhasilan melantai di bursa saham. Bali United memiliki jadwal masa penawaran umum diagendakan pada durasi 17 hingga 21 Mei 2019, sementara perkiraan jadwal pencatatan di Bursa Efek Indonesia pada 27 Mei 2019.

Bali United akan menjadi klub sepak bola profesional pertama di Asia Tenggara yang go public apabila proses IPO berjalan mulus dan sesuai rencana.

Merujuk hal itu, PSIS Semarang memasang target masuk Initial Public Offering (IPO) pada 2022. Setelah genap berusia 87 tahun, PSIS menjadi satu di antara tim bersejarah yang siap menuju pengelolaan profesional, termasuk terjun di bursa saham.

Direktur Bisnis PSIS Semarang, Ferdinand Hindiarto, menjelaskan untuk bisa mewujudkan impian itu, ada beberapa tahapan yang harus dicapai. Pertama, harus dipastikan, pada 2020, PSIS sudah kembali ke Stadion Jatidiri di Semarang.

Sejak direnovasi pada akhir 2017, PSIS menjadi tim musafir dengan menggunakan Stadion Moch Soebroto, Magelang, sebagai markas sementara.

"Target awal, kami berharap 2020 bisa bermarkas di Jatidiri. Saat ini kami masih berkandang di Magelang dan itu sangat berpengaruh terhadap finansial tim," jelas Ferdinand Hindiarto, Senin (20/5/2019).

Menurutnya, anggaran PSIS saat ini masih banyak terkuras karena faktor markas yang berada di luar Semarang. Pos anggaran yang cukup besar harus dikeluarkan PSIS untuk menyewa infrastruktur seperti stadion dan mes pemain. Berbeda ketika berada di Semarang, yang memang milik PSIS.

Kendala lain juga harus dirasakan pendukung fanatik PSIS. Mereka menempuh perjalanan dari Semarang ke Magelang, untuk menyaksikan langsung tim kesayangan bertanding. Hal itu memengaruhi besarnya animo penonton yang datang dari Semarang.

"Jika sudah bisa bermain di Stadion Jatidiri, menjadi titik tolak menuju ke PSIS Semarang yang benar-benar profesional.  Di musim 2022, kami harap target kami untuk masuk bursa saham bisa tercapai sehingga masyarakat bisa ikut mendukung dan memiliki PSIS dengan membeli saham PSIS," ungkapnya.