Pelatih Arema Menaruh Perhatian Lebih pada Terens Puhiri

Oleh Iwan Setiawan pada 21 Mei 2019, 19:15 WIB
Terens Puhiri

Bola.com, Samarinda - Jelang laga kedua Shopee Liga 1 2019, Pelatih Arema, Milomir Seslija, fokus memperhatikan permainan calon lawannya, Borneo FC. Laga ini dinilai tidak mudah karena Arema harus bermain di kandang Borneo FC, Stadion Segiri Samarinda, Rabu (22/5/2019).

Saat ditanya tentang kekuatan lawan, pelatih asal Bosnia itu memberikan perhatian khusus kepada Terens Puhiri. Pemain asal Papua itu punya kecepatan yang bisa sangat merepotkan pertahanan Arema. 

Meski posturnya kecil, pemain 22 tahun ini sering membuat bek jangkung sekalipun, jatuh bangun mengejarnya. Alhasil, Hamka Hamzah dkk. ditugasi tidak memberikan keleluasaan kepada pemain yang sempat dipinjamkan ke klub Thailand, Port FC tersebut. 

"Terens pemain yang sangat cepat. Dia jadi andalan sayap Borneo FC. Jadi, kami harus kunci pergerakannya," kata Milo.

Musim lalu Terens memang menghilang dari kompetisi Indonesia. Sinarnya di klub Thailand, Port FC, juga meredup karena dia jarang mendapat kesempatan bermain. Kini dia diprediksi ingin memberikan bukti permainannya belum habis. 

Kondisi yang sebenarnya juga dialami striker Arema, Sylvano Comvalius. Kebetulan mereka sempat sama-sama berkiprah di Thailand musim lalu dan kurang sukses.

"Yang penting, pemain kami harus tetap menjaga fokus selama pertandingan. Selain itu, pastinya harus disiplin. Jangan sampai kebobolan seperti pertandingan pertama (tiga gol)," imbuh Milo.

Selain Terens, Milo melihat masih banyak pemain cepat lainnya yang dimiliki Borneo FC di sektor sayap seperti Amrizal Umanailo. Pemain sayap itu jika dibiarkan, bisa melakukan penetrasi dan memberikan umpan matang kepada striker Borneo yang punya postur bagus, semisal Matias Conti maupun Lerby Eliandry.

"Borneo juga punya striker yang bagus dalam duel bola atas. Jadi, jangan sampai pemain mereka leluasa mengirimkan umpan kepada striker. Detailnya seperti apa, skema kami tentu tidak akan saya bicarakan sekarang. Dilihat saja dalam pertandingan besok," jelas Milo.

Jika dibandingkan dengan PSS Sleman, sebenarnya Borneo FC punya materi lebih bagus. Ditambah lagi Arema belum pernah menang di kompetisi resmi melawan Borneo sejak 2015.