Prediksi Borneo FC Vs Arema: Berburu Kemenangan Perdana

Oleh Iwan Setiawan pada 22 Mei 2019, 06:45 WIB
Pusamania Borneo FC Vs Arema FC

Bola.com, Samarinda - Borneo FC akan menjamu Arema dalam laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019. Duel yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda, ini diprediksi berjalan panas. Kedua tim sama-sama gagal memetik kemenangan di pertandingan pertama.

Borneo FC ditahan Bhayangkara FC di kadang sendiri (16/5/2019), Sementara Arema justru menelan kekalahan dari tim promosi PSS Sleman (15/5/2019). Start yang buruk tersebut justru menjadikan pertemuan kedua tim ini menarik.

Tim Pesut Etam, yang berstatus tuan rumah, tentunya punya tekad lebih besar untuk menang. Jika sampai kalah, mereka bakal dapat kritikan dari suporter sendiri. Sebuah hal yang lumrah terjadi di Indonesia.

Pelatih Borneo FC, Mario Gomez, menyadari hal tersebut sehingga mereka tidak punya pilihan selain menang.

"Arema, saya tahu tim yang kuat. Mereka juga baru kalah di pertandingan pertama. Tapi, kami sangat butuh tiga poin penting di awal kompetisi dan sekarang pertandingan di kandang kami, jadi harus menang," jelas Mario Gomez.

Hanya, Borneo kemungkinan tidak bisa menurunkan gelandang serang asal Brasil, Renan Silva. Pemain 30 tahun ini mengalami cedera otot betis di pertandingan pertama melawan Bhayangkara FC.

Tetapi, Mario Gomes sudah mengantisipasinya. Dia menegaskan timnya selalu bermain dengan 11 peman, sehingga pelatih asal Argentina itu tidak mengandalkan satu pemain saja di lapangan.

"Jadi kami sudah siapkan pengganti jika memang Renan absen melawan Arema," tegasnya.

Sementara untuk evaluasi pasca ditahan Bhayangkara FC di laga pertama, Mario Gomes sudah menegaskan tim asuhannya sudah dapat pelajaran, tepatnya dengan kecolongan gol di masa injury time.

"Evaluasi pertandingan sebelumnya ada di konsentrasi pemain. Gol lawan di pengujung pertandingan itu bukan kesalahan satu atau dua pemain saja. Pemain Borneo FC akan belajar dari pengalaman tersebut," jelasnya.

2 of 3

Fokus pada Konsentrasi

Arema FC
Arema FC gagal meraih kemenangan atas Borneo FC, Sabtu (11/8/2018) di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Kondisi itu tidak berbeda jauh dengan Arema. Mereka datang ke Samarinda tanpa dua pemain inti yang cedera, yakni Alfin Tuasalamony dan Dendi Santoso.

Praktis, sektor kanan Arema sedikit berkurang kekuatannya. Meski, pelatih Arema, Milomir Seslija, mengakui sudah ada pemain yang siap sebagai penggantinya.

"Kami punya pengganti yang kualitasnya tidak berbeda dengan pemain inti, seperti Dedik Setiawan dan Ricky Ohorella," jelas Milo.

Selain tidak bermain dengan kekuatan terbaik, masalah konsentrasi pemain yang belum stabil juga dialami Singo Edan. Bedanya, kalau Borneo FC kebobolan di pengujung pertandingan, Arema justru kurang bisa mengontrol emosi di lapangan, terutama ketika kepemimpinan dianggap wasit tidak lagi adil.

Di pertandingan pertama, Hendro Siswanto dkk. kehilangan total konsentrasinya setelah ada kejadian kerusuhan penonton dan wasit dianggap banyak menguntungkan tuan rumah.

Namun, Milo sudah memperbaiki kelemahan timnya tersebut. Dalam sesi latihan di Malang, dia selalu menginstruksikan pemainnya tetap fokus, apa pun yang terjadi di lapangan.

Bahkan ada momen di mana Aremania menyalakan petasan ketika latihan berlangsung di Stadion Gajayana, Malang, Milo tetap memacu pemainnya untuk konsentrasi dengan internal game.

"Kalau tidak fokus, tentu kami bisa kehilangan poin lagi. Apalagi sekarang main di Samarinda. Dapat poin di sini tidak semudah mengucapkan target. Tapi,butuh perjuangan dan diterminasi tinggi pemain di lapangan," tegas pelatih asal Bosnia itu.

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

Borneo FC (4-4-2): Nadeo Argawinata (kiper); Diego Michiels, Jan Lammers, Javlon Guseynov, Abdul Rahman (belakang); Terens Puhiri, Ichsan Kurniawan, Sultan Samma, Amrizal Umanailo (tengah); Lerby Eliandy, Matias Conti (striker)

Pelatih: Mario Gomez

Arema FC (4-2-3-1): Kartika Ajie (kiper); Ricky Ohorella, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi; Dedik Setiawan, Makan Konate, Ricky Kayame (tengah); Sylvano Comvalius (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Lanjutkan Membaca ↓