Tim Pelatih Timnas Indonesia U-16 Ungkap Pertimbangan Saat Menyeleksi Pemain

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 22 Mei 2019, 20:30 WIB
Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 13 pemain dari total 41 pemain yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-16 telah dipulangkan. Mengenai keputusan tersebut tim pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dan Indriyanto Nugroho, mengungkapkan mengenai pertimbangan mereka saat melakukan seleksi dan mempertahankan 28 pemain yang masih ada saat ini.

Bima Sakti telah memulangkan 13 pemain seleksi Timnas Indonesia U-16 setelah satu pekan proses seleksi berjalan. Kini, masih ada 28 pemain yang dipertahankan untuk menjalani seleksi sekaligus pemusatan latihan hingga 25 Mei 2019 itu.

Bicara soal materi pemain yang ada, Bima Sakti selaku pelatih kepala mengaku melihat begitu banyak talenta yang terasah dalam proses seleksi. Kebiasaan para pemain yang suka mengikuti kompetisi membuatnya berani untuk memulangkan pemain dalam jumlah yang cukup banyak setelah pekan pertama.

"Banyak yang bagus dan sudah terasah dalam proses seleksi dan pemusatan latihan ini. Saya melihat anak-anak terbiasa bersaing di kompetisi. Mereka semua saling memperlihatkan kemampuan untuk menjadi yang terbaik agar terpilih masuk ke dalam tim. Hal itu yang membuat saya berpikir lebih jauh dalam memulangkan pemain. Bukan berarti saya tidak mengetahui siapa yang akan saya pertahankan," ujar Bima Sakti.

Perbedaan antara pemain yang satu dengan yang lain di satu posisi yang sama membuat persaingan sangat ketat. Mereka yang terbiasa mengikuti kompetisi pun mampu memperlihatkan performa yang lebih baik dan bisa bertahan.

Senada dengan Bima Sakti, asisten pelatih Timnas Indonesia U-16, Indriyanto Nugroho, menegaskan pertimbangan yang diambil dalam mempertahankan pemain dan memulangkan yang lain. Kemampuan individual yang didukung kemampuan menjaga kekompakan di dalam grup dan bermain secara tim menjadi kunci utama.

"Banyak pertimbangan dalam mengerucutkan pemain karena kami mencari pemain terbaik dari yang terbaik. Kami tidak mau salah dalam memilih. Kami juga harus menilai ke depan, tak hanya kualitas individu, tapi juga sikap, teknik, kemampuan, dan mentalnya. Baru ada penilaian lebih detil mengenai pemahamanan mereka terkait filosofi sepak bola Indonesia," papar Indriyanto Nugroho.

Pemusatan latihan sekaligus seleksi Timnas Indonesia U-16 ini akan digelar hingga Sabtu (25/5/2019). Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-16 yang akan beraksi di Piala AFF U-15 2019 dan Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.

Sumber: PSSI