Cerita Marc Klok, dari Amsterdam Menuju Timnas Indonesia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 23 Mei 2019, 19:30 WIB
Gelandang PSM, Marc Klok

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Timnas Indonesia asuhan pelatih Simon McMenemy jelang melakoni pertandingan uji coba internasional. Sebanyak 25 pemain plus Marc Klok dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan di Cikarang pada 1 Juni mendatang.

Pemanggilan Marc Klok tentu saja mengejutkan mengingat sang pemain belum benar-benar mendapatkan status Warga Negara Indonesia. Proses naturalisasi sang pemain saat ini masih berlangsung dan belum diresmikan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Pemanggilan terhadap Marc Klok merupakan perjudian yang berani buat PSSI dan pelatih Simon McMenemy. Penyebabnya adalah laga uji coba internasional akan digelar kurang dari sebulan lagi, yakni melawan Yordania di Amman (11/6/2019) dan Vanuatu di Indonesia (15/6/2019).

Meski begitu, Simon McMenemy bukan tanpa alasan dan perhitungan soal pemanggilan Marc Klok mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Secara kualitas, Marc Klok memang layak masuk dalam daftar pemain tersebut karena berhasil membuktikan kualitasnya semasa membela PSM Makassar.

Marc Klok lahir di Amsterdam pada 20 April 1993. Karier junior Klok berlangsung di AVV Zeeburgia dan Utrecht.

Klub pertama yang kemudian dibela Klok adalah Jong FC Utrecht pada 2011. Selama dua tahun pemilik nama lengkap Marc Anthony Klok itu bermain sebanyak 17 kali dan mencetak dua gol.

Klok kemudian berganti-ganti klub dengan hengkang ke Ross County (2013-2014), Cherno More (2014-2016), Oldham Athletic (2016), Dundee (2017), hingga berlabuh di PSM Makassar pada April 2017.

Sejak saat itu, Klok berhasil membuktikan kualitasnya di dalam lapangan. Sejauh ini, pemain berpostur 177 cm itu sudah mencetak 10 gol dalam 58 penampilan di berbagai ajang.

Pencapaian itu membuat Marc Klok menjadi salah satu pemain asing yang masih dalam usia produktif dengan penampilan impresif di Indonesia. Keputusan inilah yang diyakini membuat nama Klok masuk dalam radar Simon McMenemy sehingga dipersiapkan untuk Timnas Indonesia.