Madura United Ancam Tak Lepas Pemain ke Timnas Indonesia

Oleh Aditya Wany pada 24 Mei 2019, 07:30 WIB
Beto Goncalves dan Andik Vermansah

Bola.com, Bangkalan - Pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia mulai melahirkan masalah. Pelatih Tim Garuda, Simon McMenemy, telah memanggil 26 pemain, yang semuanya berasal dari klub Liga 1 untuk mengikuti pemusatan latihan mulai 31 Mei di Cikarang.

Pemusatan latihan itu dilakukan sebagai persiapan menghadapi dua laga uji coba melawan Yordania (11 Juni 2019) dan Vanuatu pada (15 Juni 2019). Persoalannya, tidak semua pertandingan itu termasuk FIFA Match Day atau pekan pertandingan resmi uji coba internasional.

Sesuai kalender, FIFA Match Day digelar pada 3-11 Juni 2019. Laga melawan Vanuatu pada 15 Juni, disinyalir bukan pertandingan resmi. Ditambah lagi, pekan keempat Liga 1 2019 dimainkan pada 14-16 Juni, yang jelas bertabrakan dengan uji coba Timnas Indonesia itu.

Manajer Madura United, Haruna Soemitro, keberatan tiga pemainnya, yaitu Andik Vermansah, Beto Goncalves, dan Zulfiandi, harus menjalani laga tidak resmi bersama Timnas Indonesia. Pihaknya mengancam tidak akan melepas tiga pemain itu.

"Di luar ketentuan itu, PSSI melanggar dirinya sendiri. Kalau PSSI saja tidak menaati ketentuannya, kami juga tidak perlu menaatinya. Jadi, kalau PSSI memanggil pemain ke Timnas Indonesia, kami tidak perlu melepasnya. PSSI sudah berkomitmen, kalau ada FIFA Match Day, Liga 1 pasti libur " tutur Haruna kepada Bola.com, Jumat (23/5/2019).

2 of 2

Menganggu Agenda Klub

Alberto "Beto" Goncalves
Striker tim nasional Indonesia, Alberto "Beto" Goncalves, saat menghadapi Filipina pada laga Grup B Piala AFF 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Selain berstatus pertandingan tidak resmi, uji coba kontra Vanuatu mengganggu agenda klub di Liga 1 2019. Klub-klub akan dirugikan melihat pemain andalannya harus absen untuk pertandingan yang tidak masuk ketentuan.

"Buat apa kami melepas pemain ke timnas kalau uji cobanya tidak masuk FIFA Match Day? Di saat yang bersamaan klub membutuhkan pemain untuk berjuang di kompetisi Liga 1. Ini sekarang jadwalnya malah bertabrakan," imbuh Haruna.

Sebenarnya bukan hanya Madura United, hampir semua klub akan mengeluhkan agenda yang tidak sesuai ketentuan. Seperti pernah diwartakan, PSSI pada awal musim ini berjanji uji coba Timnas Indonesia tidak akan berbarengan dengan Liga 1.

Untuk mempermudah agenda itu, PSSI juga telah mengirim kalender 2019 kepada seluruh klub. Di kalender itu tercantum jadwal Liga 1, FIFA Match Day, Piala Indonesia, libur nasional, hingga berbagai agenda turnamen Timnas Indonesia di kelompok usia.

"Kami hanya ingin menaati kalender yang sudah ditetapkan PSSI. Di luar dari itu, sudah pasti bukan agenda PSSI. Untuk apa PSSI mengeluarkan seperti ini kalau tidak ditaati. Klub konsisten dengan kalender yang ditetapkan oleh PSSI," ujar Haruna.

Sedangkan pemusatan latihan tidak melahirkan masalah karena Liga 1 juga bakal jeda selama dua pekan pada awal hingga pertengahan Juni 2019. Demikian halnya dengan uji coba melawan Yordania yang sudah sesuai ketentuan dan masuk FIFA Match Day.

Lanjutkan Membaca ↓