Prediksi PSS Vs Semen Padang: Elang Jawa Ingin Lanjutkan Tren Positif

Oleh Vincentius Atmaja pada 25 Mei 2019, 06:30 WIB
PSS Sleman Vs Semen Padang FC

Bola.com, Sleman - PSS Sleman masih dibalut euforia kemenangan dalam laga debut di Shopee Liga 1 2019. Kemenangan 3-1 atas Arema FC, membuat tim Elang Jawa punya motivasi tinggi untuk meladeni Semen Padang pada pekan kedua di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (25/5/2019) malam.

Menjamu Semen Padang yang sama-sama berstatus tim promosi, PSS diunggulkan. Selain dalam semangat yang berlipat, PSS bakal mendapat dukungan penuh dari suporter.

Pelatih Seto Nurdiyantoro diprediksi akan mempertahankan skuat terbaiknya, seperti saat menang atas Arema FC. Lini belakang yang dikomandoi Purwaka Yudi bersama Alfonso De La Cruz, akan didukung dua wing back, Bagus Nirwanto dan Jajang Sukmara.

PSS mengandalkan Nerius Alom untuk menjaga keseimbangan. Mantan pemain PSIS Semarang ini juga bermain apik pada laga kontra Arema. Alom akan dibantu Dave Mustaine, Haris Tuharea, dan playmaker Brian Ferreira.

Di zona depan, PSS mengandalkan duet Yevhen Bokhasvili dan Kushedya Hari Yudo. Yevhen Bokhasvili mengemas satu gol saat debutnya pekan lalu. Sementara Kushedya baru diturunkan pada babak kedua, sehingga melawan Semen Padang akan menjadi pembuktiannya jika diturunkan sejak menit pertama.

Seto meminta anak asuhnya untuk melupakan kemenangan atas Arema FC dan fokus ke pertandingan versus Semen Padang.

"Kemenangan kemarin dari sisi mental bagus, tapi Liga 1 sangat ketat, tidak bisa diprediksi. Semen Padang kemarin hanya kalah tipis dari PSM. Artinya mereka hampir mengimbangi," ujar Seto.

Duel PSS Sleman versus Semen Padang merupakan pertemuan finalis Liga 2 2018. Laga kali ini akan ditayangkan langsung oleh Indosiar.

2 of 4

Rekor Pertemuan

PSS Sleman Vs Semen Padang
Bek Semen Padang, Hengki Ardiles, menyundul bola saat melawan PSS Sleman pada laga Liga 2 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Selasa (4/12). PSS menang 2-0 atas Semen Padang. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Dalam catatan pertemuan terakhir, PSS sanggup melibas Semen Padang pada partai final Liga 2 akhir tahun lalu, lewat gol Cristian Gonzales dan Rifal Lastori. Hasil pada pertemuan terakhir jelas membuat anak-anak Laskar Sembada terlecut untuk kembali mengalahkan tim Kabau Sirah.

Namun, bagi Seto, kondisi kali ini jelas sudah berbeda dibandingkan pertemuan terakhir di Liga 2. Sebab, Semen Padang juga melakukan perombakan besar, termasuk mendatangkan pemain asing. 

"Semen Padang tidak bisa disamakan ketika kami kalahkan di final Liga 2, tahun lalu. Mereka pasti melakukan perombakan pemain. Saya minta kepada para pemain untuk tetap fokus selama pertandingan berlangsung," kata Seto.

3 of 4

Semen Padang Ingin Bangkit

Piala Presiden 2019 : Bhayangkara FC Vs Semen Padang
Pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli, saat melawan Bhayangkara FC pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bhayangkara FC menang 4-2 atas Semen Padang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di kubu Semen Padang, mereka berambisi bangkit setelah tumbang dari PSM Makassar pada pekan pertama. Anak asuh Syafrianto Rusli kalah 0-1 dari PSM, Selasa (21/5/2019). 

Deretan pemain berpengalaman akan kembali turun sejak awal, yakni Dedi Gusmawan di sektor belakang, Boas Atururi di tengah, dan Irsyad Maulana di barisan depan. Ditambah empat pemain asing, yakni Shukurali Pulatov, Jose Sardon, Barcia, dan Karl Max Barthelemy.

Kekuatan mereka juga akan bertambah dengan kehadiran Jose Sardon. Dia kemungkinan sudah bisa diturunkan melawan PSS. Sardon absen pada pekan pertama dan dia sudah menyusul ke Sleman untuk persiapan pertandingan nanti.

"Sardon menyusul karena kebutuhan kami di lini tengah. Apalagi Manda Cingi mengalami cedera ringan dan masih diragukan untuk tampil melawan PSS," ujar Syafrianto Rusli.

Pekan pertama Shopee Liga 1 dijadikan pengalaman berharga oleh Semen Padang sebagai satu-satunya tim promosi yang kalah. 

"Kami sudah melakukan evaluasi, terutama memperbaiki dan merapikan pertahanan, membangun serangan, dan serangan balik. Target kami di Sleman adalah meraih poin. Kalau bisa menang kenapa tidak," tutur Syafrianto Rusli.

4 of 4

Prediksi Susunan Pemain

PSS Sleman Vs Arema FC
Para pemain PSS Sleman bersiap menghadapi Arema FC pada laga Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5). PSS menang 3-1 atas Arema. (Bola.com/Yoppy Renato)

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Purwaka Yudi, Alfonso De La Cruz, Jajang Sukmara (belakang); Nerius Alom, Dave Mustaine, Haris Tuharea, Brian Ferreira (tengah); Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan).

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Semen Padang (3-4-3): Teja Paku Alam (kiper), Agung Prasetyo, Shukurali Pulatov, Dedi Gusmawan (belakang), Boas Atururi, Jose Sardon, Fridolin Yoku, Rosad Setiawan (tengah), Dedi Hartono, Karl Max Barthelemy, Irsyad Maulana (depan).

Pelatih: Syafrianto Rusli

Lanjutkan Membaca ↓