Pelatih PSM Menilai VAR Bakal Jadi Revolusi Terbaik Sepak Bola Indonesia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 28 Mei 2019, 19:50 WIB
PSM Makassar Vs Kaya FC

Bola.com, Cibinong - Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, mendukung penuh rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Shopee Liga 1 2019. Menurut dia, penggunaan teknologi tersebut bakal menjadi revolusi besar dalam sepak bola Indonesia.

Keputusan untuk menggunakan VAR diambil dalam dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta pada akhir pekan lalu. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga saat ini sedang membuat kajian dari sisi anggaran dan infrastruktur.

"Jujur saja, setelah empat bulan bekerja di Indonesia, saya rasa ini akan menjadi hal terbaik yang akan dilakukan dalam sejarah sepak bola Indonesia. Anda bisa katakan itu sebagai revolusi terbaik dalam sepak bola Indonesia," kata Darije Kalezic, Selasa (28/5/2019).

Menurut Darije Kalezic, penggunaan VAR di kompetisi elite Indonesia sudah sangat tepat. Berkaca dari pengalamannya sejak melatih PSM Makassar pada awal 2019, banyak terjadi berbagai keputusan yang sangat merugikan. Jadi, Darije Kalezic menilai penggunaan teknologi ini bakal membantu semua pihak.

"Saya lihat dalam dua pekan terakhir di Liga 1 2019, terkadang saya tidak bisa percaya dengan apa yang saya lihat. Namun, saya tetap menerimanya karena mungkin saja hal seperti ini akan terjadi lagi pada pertandingan selanjutnya. Untuk VAR, saya sangat mendukungnya untuk membantu semua pihak, klub, pemain, wasit, dan sepak bola Indonesia," tegas pelatih asal Bosnia itu.

Sampai saat ini belum diketahui kapan VAR akan digunakan dalam Shopee Liga 1 2019. Jika benar-benar terwujud, maka teknologi ini bakal mencegah atau meminimalisir keputusan-keputusan kontroversial dari wasit.