3 Amunisi Andalan Timnas Indonesia U-23 di Merlion Cup 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 30 Mei 2019, 08:15 WIB
Trivia 3 Andalan Timnas Indonesia U-23 di Merlion Cup 2019

Bola.com, Jakarta - PSSI memanggil 26 pemain untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Merlion Cup 2019. Turnamen ini merupakan satu di antara persiapan pasukan Garuda Muda jelang SEA Games 2019.

Nama-nama yang dipanggil mayoritas merupakan wajah lama. Pemain-pemain yang sudah tak asing dan pernah tampil di Piala AFF U-22 2019 dan Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Beberapa nama baru yang terselip adalah M. Dicky Indrayana (Bali United), Muhammad Rifad Marasabessy (Tira Persikabo), duo Persela Malik Risaldi dan Hambali, Rizky Dwi (Kalteng Putra), Yacob Sayuri (Barito Putera), serta M. Rafli Mursalim (Mitra Kukar). Hal ini menjadi bukti kalau Indra Sjafri ingin mencoba nama anyar demi mendapatkan skuat ideal.

Pemain yang dipanggil mulai mengikuti pemusatan latihan di di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, mulai Rabu (29/5/2019). Pelatih memiliki waktu satu pekan untuk mempersiapkan timnya.

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan akan mengikuti Merlion Cup 2019 pada 7-9 Juni 2019. Nantinya, Indonesia akan menghadapi Thailand, Jumat (7/6/2019). Jika menang, Tim Garuda Muda akan berjumpa pemenang dari laga tuan rumah Singapura melawan Filipina di partai final, Minggu (9/6/2019).

Lantas, siapa saja pemain yang akan menjadi andalan? Berikut ini tiga pemain yang bakal menjadi amunisi ampuh Timnas Indonesia U-23 untuk berprestasi di Merlion Cuo 2019 versi Bola.com:

2 of 4

Asnawi Bahar

Bek Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam Bahar, mendapatkan pujian dari pelatih Indra Sjafri. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Tak bisa dimungkiri, Asnawi Mangkualam Bahar merupakan andalan pelatih Indra Sjafri di lini belakang Timnas Indonesia U-23. Pemain berusia 19 tahun itu tak segan untuk mengeluarkan semua kemampuan demi menjaga lini pertahananan tim.

Meski masih muda, Asnawi Bahar berani berduel dengan pemain-pemain yang usianya lebih tua darinya. Musim ini di Shopee Liga 1 2019, Asnawi Bahar mendapatkan posisi inti di klubnya, PSM Makassar.

Kehadiran Asnawi membuat lini belakang Juku Eja sulit ditembus. Kepastian tempat itu sudah menjamin kualiatas seorang Asnawi. Jadi, pelatih Indra Sjafri bisa sedikit lega jika memainkan Asnawi Bahar di lini belakang Timnas Indonesia U-23 di Merlion Cup 2019.

3 of 4

Witan Sulaeman

Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, berusaha membobol gawang Thailand pada laga Piala AFF U-22 2019 di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Selasa (26/2). Indonesia menang 2-1 atas Thailand. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Witan Sulaeman merupakan salah seorang pemain "kesayangan" pelatih Indra Sjafri. Usianya memang baru menyentuh angka 17 tahun, namun Indra Sjafri tak ragu mempromosikannya ke Timnas Indonesia U-23.

Pada Piala AFF U-22 2019 di Kamboja, Witan Sulaeman berhasil menjadi andalan di lini tengah dengan mencetak satu gol. Permainan Timnas Indonesia pun lebih hidup dengan kehadiran Witan.

Pada Merlion Cup 2019, peran Witan Sulaeman akan sangat vital di Timnas Indonesia U-23. Kelincahannya dalam menggiring bola dan melepaskan tembakan akurat menjadi hal yang akan dinantikan oleh skuat asuhan Indra Sjafri itu.

4 of 4

Septian Bagaskara

Pemain Timnas Indonesia U-22, Septian Bagaskara, mengamati instruksi saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Senin (7/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Septian Bagaskara kembali dipanggil Timnas Indonesia U-23 setelah dicoret menjelang Piala AFF U-22 2019. Kini, pelatih Indra Sjafri ingin memberikan kesempatan lagi pada penyerang milik Persik Kediri itu.

Ketajaman Septian Bagaskara di depan gawang tentu tak perlu diragukan lagi. Meski baru berusia 21 tahun, Septian berhasil menjadi pencetak gol terbanyak Liga 3 2018 dengan torehan 28 gol.

Catatan tersebut menjadi bukti Septian Bagaskara layak mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia U-23 di Merlion Cup 2018. Bukan hal yang mustahil lini depan pasukan Indra Sjafri bakal kembali tajam dengan kehadiran pemain Persik Kediri itu.

Lanjutkan Membaca ↓