Sukses


Presiden Madura United Setuju Liga 1 Gunakan VAR

Bola.com, Bangkalan - Kabar penggunaan video assistant referee (VAR) yang diminta Exco PSSI untuk diterapkan di Shopee Liga 1 2019 mendapat banyak sambutan positif. Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, termasuk yang sepakat dengan penerapan itu.

VAR sempat menjadi buah bibir ketika pertama diterapkan di Piala Dunia 2018. Wasit pertandingan bisa meminta mengulang tayangan sebuah insiden bila ragu membuat keputusan. Sejumlah keputusan penting terbantu lewat kehadiran tekonologi itu.

Exco PSSI lewat situs resmi PSSI mengumumkan Shopee Liga 1 2019 perlu menggunakan teknologi ini. Namun, belum dipastikan kapan terobosan baru untuk sepak bola Indonesia ini bisa digunakan dalam pertandingan.

"Saya rasa VAR adalah kebutuhan sebuah kompetisi. Wasit memiliki alternatif lain untuk melihat sesuatu yang lebih adil. Saya menekankan kepada PSSI untuk tidak ragu mengambil keputusan soal ini, dan mengatur bagaimana VAR itu," kata Achsanul Qosasi.

Keadilan yang dimaksud oleh pria yang karib disapa AQ itu adalah ketika wasit salah memberikan keputusan saat melihat sejumlah peristiwa.

Sebagai contoh, musim lalu Persela Lamongan jadi buah bibir setelah Diego Assis mencetak gol menggunakan tangan ke gawang Persija Jakarta. Hal semacam ini diharapkan bisa diminimalisasi.

"Wasit bisa terbantu dan ini berkeadilan bagi semua klub dalam pertandingan. Ada beberapa pertandingan setiap pekan, kita disuguhi kontroversi-kontroversi," ucap pria asli Sumenep tersebut.

"Ini menjadi fakta bahwa kebutuhan sudah mendesak untuk menjalankan hal ini. Bagaimanapun caranya, sampaikan kepada sponsor sehingga kerja sams, kalau perlu ajak klub untuk terlibat," imbuh AQ.

Di sisi laina, PSSI atau PT Liga Indonesia Baru belum memastikan kapan penggunaan VAR itu bakal mulai dilakukan. Sejumlah pihak bahkan pesimistis VAR bisa segera diterapkan di Liga 1 2019.

Video Populer

Foto Populer