Sukses


Indra Sjafri Punya Alasan Belum Panggil Kembali Ezra Walian ke Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Sleman - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, tak memasukkan nama striker naturalisasi, Ezra Walian, dalam skuat yang akan berlaga di Merlion Cup 2019. Indra Sjafri pun mengungkapkan alasannya tidak memanggil striker yang baru saja membawa timnya, RKC Waalwijk, promosi ke Eredivisie.

Timnas Indonesia U-23 menggelar pemusatan latihan di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, pada 29 Mei hingga 3 Juni 2019. Sebanyak 26 pemain dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.

Pada hari pertama latihan, baru 20 pemain yang ikut bergabung. Sebagian masih absen karena berkutat dengan penampilan di level klub, lantaran kompetisi Shopee Liga 1 2019 masih digelar.

Nama Ezra Walian kembali menjadi buah bibir setelah tidak bergabung dengan Timnas U-23. Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut masih diragukan status naturalisasinya, karena sempat dipermasalahkan AFC dan juga FIFA.

Seperti pada Maret lalu, Ezra Walian yang berposisi sebagai penyerang gagal memperkuat Timnas U-23 pada ajang kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Vietnam. Indra Sjafri mengatakan sang pemain memang tidak dipanggil dalam pemusatan latihan di Yogyakarta.

"Setahu saya dia bermasalah saat proses naturalisasinya, AFC dan KNVB mempermasalahkan. Jadi silakan ke PSSI yang lebih mengerti detailnya," terang Indra Sjafri, Kamis (30/5/2019).

Indra Sjafri mengaku tidak akan terlalu memaksakan Ezra Walian masuk ke dalam skuatnya jika statusnya masih menggantung. Pelatih asal Padang, Sumatra Barat, ini hanya ingin memanggil pemain yang betul-betul siap dan sah secara kewarganegaraan.

"Makanya saya berharap ada kejelasan sampai 2 September nanti. Kalau sebelum itu sudah beres, saya akan masukkan dia," ujar Indra Sjafri.

Ezra Walian sebenarnya mendapat status WNI pada 2017. Namun, ada beberapa masalah dalam proses naturalisasinya. Dirinya saat ini masih sebagai pemain di klub RCK Waalwijk. Ezra Walian belum lama ini ikut mengantarkan timnya untuk promosi ke Eredivisie musim depan.

Video Populer

Foto Populer