Sukses


Robert Alberts Akui Penggunaan VAR Jadi Langkah Bagus bagi Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, sangat mendukung rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggunakan VAR (Video Assistant Referee) di kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Menurutnya, penerapan VAR di Liga Indonesia merupakan sebuah langkah bagus untuk kemajuan persepakbolaan Indonesia.

"Sejak musim lalu, saya selalu tanya kenapa tidak punya VAR di Indonesia. Saya pikir ini langkah bagus untuk punya VAR, terutama di situasi tertentu," ujar Robert Alberts, Sabtu (1/6/2019).

Menurut Robert Alberts, sepak bola Indonesia selama ini masih terpaku kepada televisi dalam melihat kesalahan-kesalahan yang terjadi. "Perlu perbaikan dalam sepak bola di sini sehingga bisa lebih baik dari musim lalu," ucap pelatih asal Belanda ini.

PSSI berencana membawa roadmap penggunaan VAR di Shopee Liga 1 2019 ke dalam Kongres tahunan FIFA di Paris, Prancis, pada 5 Juni 2019. PSSI percaya FIFA dapat membantu dan berbagi pengalaman dalam pemakaian teknologi modern yang digunakan di Piala Dunia 2018 itu.

"PSSI akan memberikan semua kajian ke FIFA pada kongres 5 Juni 2019. Nanti dibahas dalam kongres, juga termasuk kapan roadmap itu bisa diimplementasikan," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).

Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI beberapa waktu lalu memutuskan penggunaan VAR di Liga 1 2019. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi ditugaskan untuk mengkaji infrastruktur dan anggarannya. "Ada yang harus kami patuhi sebelum kami melakukannya secara penuh," kata Tisha.

Video Populer

Foto Populer