Pelatih Madura United Setuju Penggunaan VAR di Liga 1 2019 dengan Catatan

Oleh Aditya Wany pada 02 Jun 2019, 20:45 WIB
Dejan Antonic

Bola.com, Bangkalan - Wacana penggunaan video assistant referee (VAR) yang bakal diterapkan di Shopee Liga 1 2019 mendapat tanggapan luas. Pelatih klub Liga 1 mulai berkomentar dan menyatakan persetujuan dengan penggunaan teknologi yang mulai dikenalkan di Piala Dunia 2018 itu.

Pelatih Madura United, Dejan Antonic, sangat sepakat seandainya PSSI menerapkan VAR di Liga 1. Sebab, ketelitian wasit bisa dikonfirmasi lewat tayangan ulang cuplikan video insiden tertentu sebelum akhirnya membuat keputusan.

“Sekarang ada keputusan yang benar dan tidak benar. Lebih bagus dan lebih cepat, itu (VAR) bisa membantu pemain, wasit, dan semuanya. Bagus, secara bertahap saja. Lebih bagus kalau VAR memang diterapkan di lapangan,” kata pelatih asal Serbia tersebut.

Dejan sadar banyak kompetisi di dunia sudah mulai menggunakan VAR. Lagipula, manfaat VAR sudah terbukti bisa membantu wasit dan pengambilan keputusan di insiden yang memunculkan perdebatan.

Akan tetapi, bukan berarti VAR bisa selalu berdampak positif. “Bisa jadi kami main 2x90 menit nanti ya,” ucap Dejan.

Maksud kalimat Dejan adalah muncul ketergantungan dari wasit untuk memastikan sebuah insiden lewat menonton tayangan video. Wasit bisa dengan mudah ragu, meski sudah melihat langsung insiden tersebut di depan mata misalnya.

Proses wasit berlari dari lapangan ke pinggir untuk menonton cuplikan video melalui VAR juga membutuhkan waktu. Jika untuk memutuskan sebuah insiden menambah waktu, maka pertandingan akan berjalan lebih lama, meski waktu nromal terhitung hanya 2x45 menit saja.