Pemain Veteran Kini Dapat Tempat yang Layak di Timnas Indonesia Era Simon McMenemy

Oleh Ario Yosia pada 05 Jun 2019, 13:00 WIB
Evan Dimas

Bola.com, Jakarta - Ada alasan Simon McMenemy memanggil sejumlah pemain yang lama menghilang dari skuat Timnas Indonesia buat kepentingan dua laga uji coba melawan Yordania dan Vanuatu.

Ada tiga muka lama yang kembali muncul di Timnas Indonesia. Mereka antara lain: Ricardo Salampessy (Persipura Jayapura), Ramdani Lestaluhu (Persija Jakarta), Irfan Bachdim (Bali United), dan Achmad Jufriyanto (Persib Bandung).

Ricardo dan Ramdani terakhir kali turun berseragam resmi Tim Garuda pada tahun 2014 silam. Sementara itu, Irfan dan Jupe membela Timnas pada 2016.

"Kami butuh pemain-pemain berpengalaman," kata Simon di sela-sela latihan timnas di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Di bawah komando Luis Milla serta Bima Sakti Timnas Indonesia minim pemain veteran. Mereka lebih senang menggunakan pemain belia. Kebijakan ini sempat dikritik banyak pihak, karena banyak bakat pemain-pemain matang pengalaman tersia-siakan.

Kegagalan di Piala AFF 2016 lalu membuat PSSI jadi sasaran tembak, karena membiarkan Bima menurunkan pemain bau kencur di event internasional level senior.

Di era Simon pun banyak pemain muda, namun jumlahnya seimbang dengan pilar-pilar veteran yang kenyang jam terbang internasional. "Pemain-pemain berpengalaman akan sangat dibutuhkan saat timnas mengarungi persaingan keras Kualifikasi Piala Dunia 2022," tutur Simon asal Skotlandia itu.

Menurut Simon hingga pelatnas berakhir pada Senin (3/6/2019), ke-24 pemain yang ia panggil menunjukkan penampilan yang memuaskan. Mereka bisa mengikuti strategi yang diusungnya. "Tinggal saya sekarang yang bingung memilih 22 pemain saja yang akan berangkat ke Amman. Semua pemain yang ada secara kualitas merata," kata Simon.

Laga uji coba melawan Yordania akan berlangsung pada Selasa (11/6/2019) di Amman. Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menjamu Vanuatu pada Sabtu (15/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.