Starting XI Timnas Indonesia buat 2 Uji Coba Sudah Dalam Genggaman Simon McMenemy

Oleh Ario Yosia pada 06 Jun 2019, 12:10 WIB
Latihan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Simon McMenemy memanggil 25 pemain untuk mengikuti pelatnas persiapan Timnas Indonesia menghadapi uji coba internasional melawan Yordania dan Vanuatu. Hanya 22 pemain yang masuk jajaran skuat inti Tim Merah-Putih.

Buat kepentingan dua uji coba ke depan, Simon mengaku sudah dapat gambaran starting eleven Timnas Indonesia. Sang nakhoda mengaku memutar otak lebih keras untuk menetapkan skuat inti, mengingat di masa persiapan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, para pemain yang ada menujukkan etos kerja keras. Kualitas mereka dinilai relatif berimbang.

"Saya sudah punya 11 pemain yang terbaik versi saya. Sejak lama saya selalu bilang ke asisten, bahwa saya sudah punya kerangka tim ideal, namun semua mungkin berubah mengikuti kebutuhan strategi dan kualitas calon lawan yang dihadapi," kata Simon McMenemy.

Simon menyebut di saat senggang ia kerap mencorat-coret, memformulasikan komposisi skuat ideal Timnas Indonesia di matanya.

"Saya juga sering melihat video pertandingan untuk menganisis kualitas individu pemain. Jangan heran kalau saya kerap melakukan pergantian pemain di jajaran starting eleven," ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Semenjak mengambilalih jabatan pelatih Tim Merah-Putih dari tangan Bima Sakti, Simon melakukan peremajaan skuat timnas.

Saat menjajal Myanmar dalam laga uji coba bulan Maret lalu, Timnas Indonesia bermain dengan gaya berbeda. Strategi yang dipakai 3-4-3, tidak lagi pakem 4-3-3 yang langganan dipakai di era Bima ataupun Luis Milla.

Beberapa pemain yang jarang dapat kesempatan membela Tim Garuda dicobai kemampuannya oleh Simon. Perubahan itu wajar saja, mengingat setiap pelatih punya gaya berbeda. Mereka punya hak veto menetapkan pemain sesuai dengan style permainan yang diusung.

Timnas Indonesia akan menjajal Yordania pada 11 Juni serta Vanuatu pada 15 Juni mendatang. Rangkaian uji coba ini jadi sarana persiapan sebelum tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022.