Pemain Timnas Indonesia Harus Memikirkan Laga Kontra Yordania Saat Libur Lebaran

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 06 Jun 2019, 19:05 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memberikan instruksi saat latihan. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy mau tidak mau harus menitipkan pesan kepada para pemainnya saat libur Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah. Hanya mendapatkan jatah mudik selama dua hari, Andritany Ardhiyasa dkk diminta untuk memikirkan pertandingan melawan Yordania yang akan digelar pada 11 Juni 2019.

Timnas Indonesia memulai pemusatan latihan sejak 31 Mei dan berhenti sejenak pada 3 Juni untuk menyambut lebaran. Para pemain berkumpul kembali pada Kamis (6/6/2019) sore dan kembali berlatih keesokan harinya sebelum berangkat ke Yordania pada Sabtu (8/6/2019).

Hanya diberikan libur singkat dalam momen Idulfitri kali ini, skuat Timnas Indonesia diyakini tidak tenang merayakan lebaran. Pasalnya, fokus para pemain dituntut untuk tidak hilang menjelang uji coba melawan Yordania di Amman International Stadium pada 11 Juni 2019.

"Saya tak mau menyebut ini sebagai libur, tapi karena alasan hari raya keagamaan sehingga mau tak mau kami harus melepasnya. Tapi, saya menekankan ke anak-anak untuk tetap berpikir ada pertandingan lawan Yordania dalam waktu sepekan lagi," ujar McMenemy kepada wartawan.

"Jadi, saat mudik ke rumah, pemain harus tetap mengingat terus akan ada pertandingan lawan Yordania. Selanjutnya, terserah mereka," kata arsitek asal Skotlandia itu.

McMenemy juga tidak akan memonitor kegiatan para pemainnya selama libur lebaran. Pelatih berusia 61 tahun ini menganggap skuat Timnas Indonesia mengerti dengan kewajibannya sebagai pesepak bola profesional. "Saya bukan orang tua mereka, yang harus mengatur. Mereka punya tanggung jawab sendiri karena mereka profesional," imbuh McMenemy.