Sebagai Penemu Bakat, Aji Santoso Bicara Performa M. Rafli di Timnas Indonesia U-23

Oleh Iwan Setiawan pada 10 Jun 2019, 08:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-22, Muhammad Rafli. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Striker Timnas Indonesia U-23, M. Rafli mencetak hat-trick ke gawang Filipina U-23 dalam perebutan posisi ketiga Merlion Cup 2019, Minggu (9/6/2019) sore WIB Dalam pertandingan tersebut, Indonesia menang 5-0.

Yang unik, selama dikontrak Arema, Rafli dimainkan sebagai gelandang. Tapi, dilihat dari caranya mencetak gol, pemain 20 tahun ini sangat lihai sebagai targetman. Tiga gol yang dicetak semua dari sontekan khas seorang striker murni.

Terkait kegemilangan Rafli dengan Indonesia U-23, pelatih yang menemukan bakatnya ketika menimba ilmu di ASIFA (Aji Santoso International Football Accademy) Malang, Aji Santoso memberikan komentar.

“Posisi aslinya dia memang striker. Rafli punya bakat untuk menempati posisi itu,” jelas pelatih yang kini menangani Persela Lamongan tersebut.

Itu sekaligus jadi saran jika kedepan Rafli sangat mumpuni untuk dikembalikan jadi penyerang.

Ketika masih bergabung di ASIFA dan Timnas Indonesia U-19, Rafli selalu menempati posisi penyerang murni. Namun, waktu itu dia kurang dapat sorotan.

Baru saat dikontrak Arema musim 2017, Rafli dimainkan sebagai gelandang. Tujuannya untuk mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak. Jika tetap menjadi striker, dia berada di bawah bayang-bayang sejumlah striker berpengalaman, Seperti Cristian Gonzales, Thiago Furtuoso, hingga era Sylvano Comvalius dan Dedik Setiawan.

Poin lebih dari Rafli ada pada kemampuan dan ketenangannya. Meski tidak begitu cepat untuk ukuran pemain muda, tapi ketika di depan gawang dia terlihat dengan mudah menempatkan bola ke arah yang sulit dijangkau kiper.

Ini merupakan kali kedua Rafli bermain sebagai striker di Timnas Indonesia U-23. Saat pertandingan pertama Merlion Cup melawan Thailand, dia juga bermain sebagai penyerang. Tapi, dia baru turun pada pertengahan babak kedua.