Melawan Yordania, Timnas Indonesia Hadapi Tantangan Berat

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 10 Jun 2019, 22:30 WIB
Riko Simanjuntak, Zulfiandi, dan Irfan Bachdim dalam balutan seragam Timnas Indonesia.

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi sejumlah tantangan non-teknis sebelum melawan Timnas Yordania di King Abdullah II Stadium pada Selasa (11/6/2019).

Di atas kertas, Yordania unggul segalanya dibanding Timnas Indonesia. Mulai dari rekor pertemuan, hingga peringkat FIFA.

Sejak 2000, Yordania tiga kali bertemu Timnas Indonesia dan tiga kali pula meraih kemenangan. Yordania juga ada di peringkat ke-97, jauh di atas posisi 159 milik Timnas Indonesia.

Kendati demilian, kedatangan Timnas Indonesia ke Yordania bukan untuk mencari hasil akhir. Skuat berjulukan Garuda Muda ini memburu pengalaman bermain di kandang lawan hingga mengimplementasikan gaya permainan ala pelatih Simon McMenemy.

Timnas Indonesia butuh atmosfer bermain di kandang lawan sebab akan tampil pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada September mendatang.

"Melawan Yordania adalah simulasi kamu menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022. Yang penting, proses adaptasi dengan negara lawan," ujar gelandang Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak.

"Persiapan untuk bertanding bukan hanya soal latihan. Tapi juga persiapan mental, perjalanan yang jauh, perbedaan waktu, dan cuaca. Semoga kami mendapatkan hasil yang positif," imbuh pemain Persija Jakarta itu.

Berdasarkan informasi yang tertera pada situs PSSI, cuaca di Amman, Yordania, cukup panas dengan suhu 35 derajat celcius pada Minggu (9/6/2019). Kondisi yang seperti ini yang dimaksud Riko sebagai tantangan non-teknis sebelum bersiap untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Laga Timnas Indonesia versus Yordania akan ditayangkan oleh Indosiar dan live streaming di Vidio.