Sikap Persija Setelah Ramdani Lestaluhu Cedera Parah di Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 12 Jun 2019, 20:40 WIB
Manajer Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko, memberikan instruksi saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Ramdani Lestaluhu pulang ke Persija Jakarta dari Timnas Indonesia dengan keadaan cedera. Pemain berusia 27 tahun itu divonis mengalami patah tulang bahu.

Untuk sembuh, Ramdani perlu dioperasi. Waktu pemulihannya pun terbilang lama, hingga empat bulan.

"Saya sudah mendengar kabar Ramdani cedera. Dia mengalami patah tulang bahu," ujar Manajer Persija, Ardhi Tjahjoko kepada wartawan.

Selain Ramdani, Persija mengirim tiga pemain lain ke Timnas Indonesia yang terdiri dari Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan, dan Riko Simanjuntak.

Ketiganya masih akan membela Timnas Indonesia menghadapi Vanuatu. Pertandingan uji coba FIFA A Match itu bakal dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Ardhi mengaku pasrah dengan cedera Ramdani dan menyebutnya sebagai resiko sebagai pesepak bola. Nantinya, Persija akan mengambil alih pengobatan sang gelandang dari Timnas Indonesia.

"Sikap kami dalam hal ini dia sudah dilepas ke PSSI untuk Timnas Indonesia. Pastinya PSSI mau bertanggung jawab. Tapi karena Ramdani pemain kami, saya sudah koordinasi dengan dokter Persija Jakarta, jadi akan kami ambil alih," imbuh Ardhi.

2 of 2

PSSI Bertanggung Jawab

Persija Jakarta Vs Persela Lamongan
Gelandang Persija, Ramdani Lestaluhu, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persela pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Yoppy Renato)

PSSI bertanggung jawab terhadap cedera Ramdani. Kendati demikian, Persija akan mengambil alih pengobatan Ramdani dari PSSI. Pemain berusia 27 tahun itu bakal naik meja operasi dalam waktu dekat untuk memulihkan cederanya.

Dokteri tim Persija, Donny Kurniawan juga sependapat dengan Ardhi. Persija disebutnya akan menjemput Ramdani pada Kamis (13/6/2019) setelah Timnas Indonesia tiba di Tanah Air.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan PSSI. Namun, jangan dianggap sebagai take over. Kami hanya mempermudah saja supaya ada koordinasi dengan rumah sakit yang akan menangani dengan Persija. Jadi, supaya lebih mudah,” tutur Donny.

Ramdani diperkirakan Donny bakal absen selama empat bulan. Sebuah kerugian bagi Persija mengingat sang pemain merupakan pilar utama dalam beberapa musim belakangan.

Lanjutkan Membaca ↓