Cedera Bahu Ramdani Lestaluhu Lebih Mengerikan Dibandingkan Mohamed Salah

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 13 Jun 2019, 19:30 WIB
Mohamed Salah

Bola.com, Jakarta - Ramdani Lestaluhu dan Mohamed Salah memang terbentang bak langit dan bumi. Namun, keduanya punya kemiripan. Sama-sama pernah dan sedang mengalami cedera bahu.

Saat ini Ramdani Lestaluhu mengalami cedera patah tulang bahu akibat bertabrakan dengan pemain Yordania saat membela Timnas Indonesia pada pertandingan FIFA Matchday di Stadion King Abdullah II, Amman, Selasa (11/6/2019).

Gelandang berusia 27 tahun itu divonis harus naik meja operasi untuk sembuh dan diperkirakan absen selama empat bulan.

Cedera bahu Ramdani itu serupa namun beda kadar keparahannya dengan Mohamed Salah.

Jika pemain Persija Jakarta itu menderita patah tulang, Salah lebih mendingan. Penyerang Liverpool itu pernah terkena dislokasi bahu atau tulang lengan atas keluar dari soket atau dudukan berbentuk cawan, yang merupakan bagian dari tulang belikat.  

Dislokasi bahu itu menyerang Salah ketika memperkuat Liverpool pada final Liga Champions 2017-2018 melawan Real Madrid di Stadion NSC Olimpiskiy, Kiev, 26 Mei 2018. Pitingan bek lawan, Sergio Ramos, membuatnya terjatuh dan tak dapat meneruskan pertandingan.

Gawatnya, Mohamed Salah ketika itu akan bermain di Piala Dunia 2018 Rusia bersama Timnas Mesir, dua pekan lebih setelahnya. Mantan pemain AS Roma ini pun berkejaran dengan waktu untuk memulihkan bahunya.

Mohamed Salah bisa bermain di Piala Dunia 2018, namun penampilannya waktu itu terlihat masih belum optimal. Bahkan efek trauma dari cedera itu masih terlihat hingga awal musim 2018-2019.

Semoga saja Ramdani Lestaluhu bisa lekas pulih dan mendapatkan kembali kegemilangannya di lapangan layaknya Mohamed Salah yang terbilang sukses bersama Liverpool pada musim 2018-2019.

2 of 2

Cedera Ramdani Menyeramkan

Persija Jakarta Vs Persela Lamongan
Gelandang Persija, Ramdani Lestaluhu, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persela pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Yoppy Renato)

Untungnya, Salah dapat pulih tepat waktu, kendati melewatkan pertandingan pertama Mesir pada Piala Dunia 2018. Eks personil Chelsea ini baru tampil menghadapi Rusia pada 19 Juni 2018. Itu artinya, Salah memerlukan waktu sekitar tiga pekan untuk dianggap layak beraksi di lapangan hijau.

Mirip dengan Ramdani, Salah juga perlu memerlukan operasi untuk menyembuhkan bahunya. Selama recovery, pemain berusia pemain berusia 26 tahun itu banyak melakukan terapi dengan benda-benda lentur maupun lunak.

Kasus cedera Ramdani lebih parah, lantaran bahu sang pemain patah. Bahkan, dokter tim Persija, Donny Kurniawan menyebut cedera pemain berusia 27 tahun itu mengerikan.

“Tulang bahu sebelah kirinya patah. Kalau harus dioperasi, sepertinya pasti kami operasi. Secara umum, butuh waktu 3-4 bulan untuk sembuh. Menyeramkan ya,” imbuh Donny kepada wartawan.

Lanjutkan Membaca ↓