Kemegahan SUGBK Berhasil Membius Pemain Vanuatu

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 14 Jun 2019, 20:00 WIB
Wow, Pesta Kembang Api Menakjubkan Semarakkan Pembukaan Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta - Laga persahabatan melawan Timnas Indonesia yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6/2019), menjadi berkah tersendiri buat Vanuatu. Pertandingan ini menjadi laga perdana buat Vanuatu bermain di stadion megah seperti SUGBK.

Bermain di stadion berkapasitas 77 ribu orang itu bakal menjadi pengalaman unik buat pemain Vanuatu. Kebesaran SUGBK tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan Port Vila Municipal Stadium, yang selama ini menggelar laga kandang Vanuatu.

Kesempatan itulah yang tak ingin dilewatkan begitu saja oleh para pemain Vanuatu. Pelatih Paul Munster bahkan sengaja mengajak para pemainnya untuk mengikuti tur khusus di area SUGBK.

"Saya tahu pemain saya belum pernah datang ke Indonesia. Makanya, tadi pagi saya sempat mengajak mereka untuk jalan-jalan ke SUGBK," kata Paul Munster dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (14/6/2019).

Dari segi jumlah kapasitas penonton, SUGBK merupakan stadion kedelapan yang terbesar di Asia. Stadion yang dibangun pada 1960 itu sudah beberapa kali menggelar event internasional.

Bahkan, sebelum Asian Games 2018 SUGBK melakukan renovasi besar-besaran, satu di antaranya dengan perubahan mencolok terjadi pada kursi tribune yang sudah menggunakan single seat.

SUGBK juga menggunakan rumput dengan kualitas terbaik yakni Zeon Zoysia. Rumput ini bahkan diklaim lebih baik dari yang sebelumnya yakni Zoysia Martrella.

Bermain di atas rumput Zeon Zoysia juga bakal menghadirkan sensasi tersendiri buat pemain Vanuatu karena membuat aliran bola menjadi lancar tanpa hambatan. Dasar itulah yang membuat kapten Vanuatu, Kensi Tangis, sudah tak sabar untuk bermain di SUGBK melawan Timnas Indonesia. "Saya siap untuk pertandingan besok dan sudah tidak sabar," tegas Kensi Tangis.