Sukses


Sisi Positif dan Negatif bagi Arema Setelah Laga Melawan PSM Ditunda

Bola.com, Malang - Arema jadi satu di antara tim yang mengalami dua kali penundaan laga beruntun di Bulan Juni. Dua laga tunda itu adalah partai melawan Persib Bandung yang harusnya dilangsungkan 14 Juni, dan PSM Makassar pada 23 Juni 2019.

Dua pertandingan itu dijadwal ulang oleh operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dengan alasan yang berbeda. Laga melawan Persib mundur karena agenda Timnas Indonesia. Yang terbaru, partai kontra PSM mundur karena jadwalnya mepet dengan kiprah tim asal Makassar itu di Piala AFC 2019.

Pelatih Arema, Milomir Seslija, terlihat sangat kecewa karena tim asuhaannya terakhir bertanding pada 27 Mei 2019. Praktis, satu bulan Hamka Hamzah cs. tidak akan bertanding lagi.

Pertandingan melawan PS Tira pada 29 Juni menjadi duel terdekat Arema. Dampaknya, pelatih asal Bosnia itu dibuat pusing karena harus menyusun ulang program latihan.

Namun, General Manager Arema, Ruddy Widodo, bersikap lebih bijak. Meski, dia sempat kecewa dengan penundaan pertandingan melawan PSM, tetap ada sisi positif dan negatif yang bisa dipetik Arema.

Tetapi, dia tidak ingin larut dalam kekecewaan. Ruddy mengakui masih ada beberapa sisi positif yang bisa diambil. Arema memiliki persiapan yang lebih lama. Itu bisa digunakan untuk memadukan tim, terutama proses adaptasi tim dengan striker asal Belanda, Sylvano Comvalius.

"Kami rasa persiapan bisa lebih matang. Comvalius punya waktu adaptasi lebih lama. Selain itu, pemain juga punya waktu recovery dan bersiap kembali dengan tim di Malang," jelas Ruddy.

Sementara segi negatifnya, semangat pemain untuk berkompetisi sedikit pudar karena mereka satu bulan tidak merasakan pertandingan dengan tim satu level.

"Atmosfer kompetisi tereduksi. Itu hanya bisa diakali dengan uji coba. Kalau sebelumnya hanya sekali uji coba, mungkin kini ditambah lagi setelah lawan PSM Mundur," imbuhnya.

Namun, efek uji coba tentu berbeda dengan pertandingan resmi karena uji coba yang dilakukan melawan tim yang lebih lemah. Andaikan melawan tim selevel, ada kekhawatiran pemain bisa cedera. Sangat merugikan Arema jika ada pemain cedera ketika melakoni pertandingan persahabatan. 

Video Populer

Foto Populer