Alberto Goncalves dan Sisa Waktu yang Dinikmati Bersama Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 16 Jun 2019, 16:15 WIB
Alberto Goncalves, Beto Goncalves, Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia baru merasakan kontribusi Alberto Goncalves saat usianya memasuki senjakala karier. Pada akhir tahun ini, penyerang naturalisasi itu akan berumur 39 tahun.

Sejak dinaturalisasi pada 2017, pemain yang karib dipanggil Beto itu telah mengemas 12 gol dari 12 penampilan bersama Timnas Indonesia dan juga kelompok usia U-23 ketika menjadi satu dari tiga pemain over-age di Asian Games 2019.

Teraktual, striker kelahiran Belem, State of Para, Brasil, tersebut membukukan quattrick alias empat gol sekaligus ketika membantu Timnas Indonesia membantai Vanuatu 6-0 dalam uji coba bertajuk FIFA A Match di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2019).

Saat mendapatkan paspor Indonesia, Beto telah berusia 36 tahun. Terbesit impian untuk memperkuat Timnas Indonesia. Namun, Beto sadar. Umurnya tak lagi muda. Yang penting baginya, dapat menetap di Tanah Air dalam waktu yang lama beserta istrinya yang berasal dari Indonesia, akan sangat berarti baginya.

Beto hadir kala Timnas Indonesia paceklik pencetak gol yang produktif. Kualitasnya begitu berharga untuk dilewatkan begitu saja demi kesebelasan berjuluk Skuat Garuda itu.

Selalu mencetak dua digit gol pada setiap musimnya sejak 2012 lalu, Beto dapat menjadi jaminan ketajaman lini depan Timnas Indonesia.

 

2 of 2

Solusi Tumpulnya Lini Depan Timnas Indonesia

Singapura Vs Timnas Indonesia
Striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves, mengamati rekannya saat melawan Singapura pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11). Singapura menang 1-0 atas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Debut resmi Beto bersama Timnas Indonesia, dengan skuat kelompok usia U-23, terjadi pada Asian Games 2018. Menghadapi Chinese Taipei, Beto berhasil mengukir satu dari empat gol ke gawang lawan.

Beto amat tokcer saat Asian Games 2018. Total, eks penyerang Persipura Jayapura ini mengemas empat gol dari empat penampilannya hingga babak perdelapan final.

Timnas Indonesia masih mengandalkan Beto ketika mengarungi Piala AFF 2018. Namun, Beto kurang cemerlang. Ia hanya membukukan satu gol dari empat penampilan.

Pergantian pelatih di tubuh Timnas Indonesia sempat memengaruhi posisi Beto. Simon McMenemy pernah tak memanggilnya ketika beruji coba melawan Myanmar, 25 Maret 2019. Saat itu, McMenemy lebih memercayai Ilija Spasojevic, Greg Nwokolo, Dedik Setiawan, dan Samsul Arif di lini depan.

Setelah tampil trengginas bersama Madura United di Shopee Liga 1 2019, membuahkan tiga gol dari tiga penampilan, McMenemy mengajak Beto ke dalam Timnas Indonesia untuk dua uji coba melawan Yordania dan Vanuatu.

Beto menjadi satu-satunya pencetak gol Timnas Indonesia ketika kalah 1-4 dari Yordania dan memborong empat dari enam gol ke gawang Vanuatu.

Sayangnya, karier Beto di Timnas Indonesia tinggal menunggu waktu. Usianya yang telah memasuki kepala empat pada tahun depan rawan mengancam kontribusinya. Maka, Timnas Indonesia akan menikmati kemampuan Beto dalam sisa waktu yang ada sebelum dirinya memutuskan untuk pensiun.

Lanjutkan Membaca ↓