PT LIB Pastikan Tidak Ada Nama Persib B di Liga 2 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 17 Jun 2019, 19:00 WIB
Dirk Soplanit

Bola.com, Jakarta - Blitar United belum bisa memakai identitas Persib B untuk Liga 2 2019. Hal tersebut karena adanya larangan dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi.

"Belum ada pergantian nama dari Blitar United menjadi Persib B. Itu ranahnya PSSI. Sementara di PT LIB, namanya masih Blitar United," ujar Direktur Interim PT LIB, Dirk Soplanit kepada wartawan di Jakarta, Senin (17/6/2019).

PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) selaku pengelola Persib Bandung mengakuisisi Blitar United dan berniat untuk mengganti nama klub menjadi Persib B. Tim tersebut diproyeksikan sebagai skuat satelit Persib yang tampil di Wilayah Timur Liga 2 2019.

Mengenai regulasi yang mengatur apakah Persib Bandung dan Persib B boleh diperbolehkan berkompetisi dalam kasta yang sama, Dirk masih belum bisa memastikannya.

"Identitas Blitar United masih digodok PSSI. Memang, di beberapa negara, sejumlah tim punya klub satelit. Meskipun, tak bisa dalam satu kasta," kata Dirk.

Tidak usah jauh-jauh, di Malaysia misalnya. Peserta Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) memiliki JDT II yang berkiprah di Liga Primer Malaysia, satu kasta di bawahnya. Kedua klub tidak dapat bermain dalam satu level kompetisi. Meski suatu saat, JDT terdegradasi atau JDT II promosi.

Mengenai keberadaan klub satelit yang mulai dibuat oleh PT PBB dengan keberadaan Persib B, PT LIB menolak untuk banyak berkomentar dan menyerahkan semua kepada PSSI. "Aturan semuanya mengenai itu masih digodok oleh PSSI. Jadi, dalam posisi ini, PT LIB tidak bisa berkomentar banyak," imbuh Dirk, yang juga berstatus sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.