Persebaya Tanpa 2 Bek Andalan Saat Menjamu Madura United

Oleh Aditya Wany pada 18 Jun 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 18 Jun 2019, 05:00 WIB
Ruben Sanadi (Persebaya Surabaya)
Bek Persebaya, Ruben Sanadi. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya bakal tampil tanpa dua bek andalannya saat menjamu Madura United di leg pertama perempat final Piala Indonesia 2018. Stoper Otavio Dutra dan bek kiri Ruben Sanadi terpaksa absen dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (19/6/2019).

Dutra masih dalam kondisi kurang baik setelah mengalami cedera patah tulang hidung yang dialami saat uji coba kontra Persela Lamongan (11/5/2019). Sementara itu, Ruben mengalami kendala setelah membela Timnas Indonesia.

“Lini belakang minus Dutra. Pemain kami yang bergabung Timnas Indonesia sudah siap tampil, kecuali Ruben. Dia sedikit ada hambatan dan keluhan. Makanya, dia hanya bermain 45 menit bersama Timnas Indonesia,” kata pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman.

Absennya kedua pemain ini tentu saja mengurangi kekuatan lini belakang Persebaya. Sebab, Dutra dan Ruben selama ini menjadi pilar andalan. Dengan begitu, tersisa Hansamu Yama dan Novan Setya Sasongko dalam back four andalan Persebaya.

Novan kemungkinan bakal digeser dari bek kanan menjadi bek kiri untuk menggantikan peran Ruben Sandi. Posisinya bisa diisi oleh Mokhamad Syaifuddin atau Abu Rizal. Sedangkan duet jantung pertahanan bisa ditempati oleh Rachmat Irianto menemani Hansamu.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu menyadari bahwa timnya bakal menghadapi tantangan besar saat menjamu Madura United. Seperti diketahui, Laskar Sape Kerap kini menjadi pemuncak klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan selalu menang di tiga laga.

“Kami persiapkan taktik untuk menghadapi Madura United yang sedang on fire. Secara materi, pemain mereka lebih bagus dari kami. Secara tim juga sedang produktif dan itu yang kami pikirkan. Kami ingin meredam mereka dan mudah-mudahan bisa diaplikasikan oleh pemain,” imbuh Djanur.

Persebaya saat ini tengah menjadi sorotan setelah gagal menang dalam tiga pertandingan awal Liga 1 2019. Suporter Persebaya, Bonek, juga memberikan tekanan dan desakan terkait performa buruk tim kebanggaannya.

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia