3 Pemain Kunci Tira Persikabo untuk Hadapi Persib

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 18 Jun 2019, 07:45 WIB
Tira Persikabo Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Bandung - Tira Persikabo menghadapi Persib Bandung dalam pertandingan tunda pekan kedua Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Selasa (18/6/2019) malam. Tira Persikabo datang ke Bandung dengan berkekuatan 20 pemain yang siap untuk bisa membawa pulang poin.

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, memang tidak sekalipun menyinggung soal target meraih kemenangan dalam laga tandang yang harus dijalani tim asuhannya ini. Menghormati lawan yang didukung penuh bobotoh dan memiliki pemain-pemain berkualitas, tentu bukan hal yang mudah bagi Tira Persikabo.

Namun, tak menyinggung target kemenangan bukan berarti Tira Persikabo datang dengan sikap pesimistis. Dengan bermodalkan hasil tak terkalahkan dalam dua laga pertama Shopee Liga 1 2019, seperti halnya Persib, Manahati Lestusen tentu juga tidak ingin kalah di kandang Persib.

Apalagi Tira Persikabo memiliki catatan bagus saat menghadapi Persib di Si Jalak Harupat pada fase grup Piala Presiden 2019. Saat itu, Tira Persikabo menang 2-1 atas tim tuan rumah.

Namun, dengan semua materi yang dimiliki Persib saat ini, plus kehadiran Robert Alberts sebagai arsitek tim yang baru, tentu Maung Bandung bukan tim yang bisa diremehkan ketika tampil di depan pendukungnya.

Kendati demikian, Tira Persikabo sudah mempersiapkan 20 pemain terbaik untuk menjalani pertandingan kali ini. Bola.com pun memilih tiga pemain yang bisa menjadi kunci untuk meraih poin di markas Persib Bandung.

2 of 4

Ciro Henrique

Piala Presiden 2019 : Perseru Serui Vs PS TIRA Persikabo
Para pemain Tira Persikabo merayakan gol yang dicetak oleh Ciro Henrique ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Kamis (7/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ciro Henrique merupakan striker asing anyar milik Tira Persikabo. Pemain asal Brasil ini memang masih harus beradaptasi dengan gaya permainan sepak bola di Indonesia, tapi hal tersebut mampu dijalaninya dengan baik.

Setelah menyumbangkan satu gol saat Tira Persikabo bermain di Piala Presiden 2019, di mana satu-satunya gol itu dicetaknya ke gawang Perseru Serui, Ciro mampu mempersembahkan dua gol di laga perdana Tira Persikabo di Liga 1 2019, di mana dua gol tersebut dicetaknya ke gawang tim yang sama tapi sudah berganti nama, Perseru Badak Lampung FC.

Laga kontra Persib memang merupakan ujian sebenarnya bagi Ciro untuk memperlihatkan ketajamannya ketika menghadapi tim besar di Indonesia. Hal tersebut tentu memotivasinya untuk bisa membuktikan diri sebagai mesin gol baru Tira Persikabo.

3 of 4

Andy Setyo Nugroho

Pemain Timnas Indonesia U-23, Andy Setyo, melakukan pendinginan saat latihan. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pemain Timnas Indonesia U-23, Andy Setyo, melakukan pendinginan saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (14/3). Latihan ini merupakan persiapan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bek tengah Tira Persikabo ini sudah loyal memperkuat tim sejak masih bernama PS TNI. Berkembang dengan loyal hingga tim berganti nama dua kali dan kini menjadi Tira Persikabo, Andy memperlihatkan permainan yang signifikan, terutama karena pengalamannya yang juga didapatkan dari Timnas Indonesia U-22.

Andy pun kini memperlihatkan dirinya sudah berkembang menjadi pemain bertahan yang tangguh untuk mengawal pusat pertahanan tim yang dibelanya. Catatan cleansheet yang diraih Tira Persikabo dalam dua laga pertama di Shopee Liga 1 2019 tak lepas dari kualitas yang diperlihatkan oleh Andy Setyo.

Keberadaannya di pusat pertahanan Tira Persikabo ini menjadikannya sebagai pemain kunci untuk menghalau serangan-serangan Persib yang datang dari segala penjuru. Andy akan menjadi komandan di daerah pertahanan Tira Persikabo dalam pertandingan ini.

4 of 4

Angga Saputro

Angga Saputra (Tira Persikabo)
Angga Saputra, kiper Tira Persikabo. (Bola.com/Aditya Wany)

Ketajaman lini depan Persib yang didukung lini kedua yang solid membuat Tira Persikabo memang harus benar-benar fokus ketika harus bertahan. Keberadaan Angga Saputro di bawah mistar gawang Tira Persikabo tentu menjadi sangat penting agar tim tamu bisa pulang dengan membawa poin.

Angga Saputra sudah dipercaya oleh Rahmad Darmawan untuk mengawal gawang Tira Persikabo sejak pertandingan pekan pertama. Hasil yang diraih pun cukup memuaskan. Gawang Tira Persikabo hingga saat ini belum sekalipun bobol di Liga 1 2019.

Namun, seperti halnya Ciro yang harus membuktikan ketajamannya di lini depan Tira Persikabo saat menghadapi tim sebesar Persib, Angga Saputra pun harus membuktikan ketangkasan dan kehebatannya mengawal gawang Tira Persikabo dari gempuran Ezechiel N'Douassel dkk.

Lanjutkan Membaca ↓