Mengulik Rahasia Keganasan Madura United, Bali United, dan PSM di Liga 1 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 19 Jun 2019, 09:15 WIB
Shopee Liga 1 2019 Logo Klub

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 sudah menyelesaikan semua pertandingan hingga laga pekan ketiga. Sejauh ini, ada tiga klub yang mampu menunjukkan penampilan superior dalam kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Ketiga klub tersebut adalah Madura United yang sampai saat ini menjadi pemuncak klasemen dengan nilai sempurna sembilan angka dari tiga pertandingan. Kemudian ada Bali United yang berada di peringkat kedua, juga punya poin yang sama dengan Madura United dan hanya kalah selisih gol.

Setelah itu ada PSM Makassar yang menghuni peringkat ketiga. PSM mengoleksi tujuh poin hasil dua kemenangan dan sekali imbang.

Memang terlalu dini untuk mengukur kualitas ketiga klub sepanjang musim ini. Namun, faktanya adalah Madura United, Bali United, dan PSM Makassar merupakan klub-klub tangguh yang mengoleksi banyak koleksi gol di awal musim.

Sebagai pemuncak klasemen, Madura United berhasil mengumpulkan sembilan poin hasil koleksi sembilan gol dan baru satu kali kebobolan. Kualitas Laskar Sape Kerap sebenarnya sudah bisa diukur dari materi pemain yang dimiliki musim ini.

Selebrasi

Skuat yang saat ini dijuluki Los Galacticos-nya Indonesia itu dihuni pemain berkelas semisal Muhammad Ridho di bawah mistar gawang, Jaimerson Xavier dan Andik Rendika di lini belakang, Andik Vermansah dan Zulfiandi di lini tengah, dan Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo, dan Alberto Goncalves di lini depan.

Ketangguhan lini belakang dan kualitas lini depan menjadi kunci ketangguhan Madura United sejauh ini. Pasukan Dejan Antonic baru kebobolan satu kali dan ketiga penyerang yang dimiliki sejauh ini berhasil memberikan kontribusi maksimal yakni Beto dengan tiga gol, sementara Greg dan Rakic masing-masing dua gol.

2 of 2

Bali United dan PSM Menebar Ancaman

Para pemain Bhayangkara Fc merayakan gol yang dicetak oleh Fadil Sausu ke gawang Semen Padang pada laga kedua Piala Presiden 2019 yng berlangsung di Stadion Patriot, Jawa Barat, Senin (11/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Laju Bali United di Shopee Liga 1 2019 sampai pekan ketiga juga terbilang mulus. Armada Stefano Cugurra Teco berhasil mengumpulkan poin sempurna, sembilan poin dari tiga pertadingan.

Bali United berhasil mencetak empat gol dan baru kebobolan satu gol. Rahasia kesuksesan Bali United terletak di lini tengah dan lini depan.

Lini tengah Pasukan Tridatu dihuni Stefano Lilipaly dan Paulo Sergio. Lilipaly sejauh ini sukses mempersembahkan dua assist, sedangkan Paulo Sergio mencetak dua gol.

Alur serangan Bali United terbilang mulus. Peluang-peluang yang dihasilkan tentu mempermudahkan penyerang semisal Ilija Spasojevic di lini depan. Sementara itu, PSM Makassar juga memiliki start yang mulus. Pasukan Ramang mengemas tujuh poin hasil dua kemenangan dan sekali imbang.

Guy Junior dan Zulham Zamrun, merayakan gol PSM Makassar ke gawang Perseru Badak Lampung FC, di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Jumat (24/5/2019). (Bola.com/Abdi Satria)

Hebatnya, PSM menjadi satu-satunya klub Liga 1 2019 yang belum kebobolan hinga pekan ketiga. Adapun untuk serangan, pasukan Sarije Kalezic sudah mencetak lima gol.

Kehadiran Aaron Evans dan Abdul Rahman membuat lini belakang PSM sukar ditempus. Selain itu, PSM juga memiliki lini tengah dan lini depan yang sinkron sehingga alur serangan kerap berbuah gol.

Lanjutkan Membaca ↓