Rekomendasi Liga 2019 Belum Terbit, BOPI Berikan Deadline PT LIB Hari Ini

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 19 Jun 2019, 11:25 WIB
Logo Liga 2 Indonesia

Bola.com, Jakarta - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyelesaikan administrasi sejumlah klub Liga 2 2019 agar rekomendasi penyelenggaraan kompetisi segera terbit.

Kompetisi Liga 2 2019 bakal dibuka pada 22 Juni mendatang yang mempertemukan antara Persik Kediri kontra PSBS Biak. Pertandingan itu bakal dipentaskan di Stadion Brawijaya.

BOPI menyebut lima tim masih belum melengkapi dokumen secara lengkap, meliputi Persewar Waropen, Aceh United (Babel United), PSPS Riau, Blitar United (Persib B), dan Sriwijaya FC.

"Kami sudah melakukan rapat pleno bersama PSSI dan PT LIB berkaitan dengan Liga 2 209. Dalam pertemuan, kami secara umum sudah asa upaya dari PT LIB untuk memenuhi berbagai kelengkapan datang pendukung untuk kompetisi musim ini," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) BOPI, Sandi Suwardi kepada wartawan.

"Namun demikian, kami memiliki catatan yang disepakati PSSI dan PT LIB. Kami BOPI melakukan verifikasi. Sementara PSSI menyampaikan clearing. Begitu juta PT LIB," kata Suwardi.

Guna mengejar rekomendasi, PT LIB menghadap BOPI di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019). Suwandi menjelaskan, tiga butir pernyataan lahir dari pertemuan tersebut.

2 of 2

Pernyataan BOPI

1. BOPI mengamanatkan agar PSSI lebih serius dan ketat dalam menjalani kompetisi profesional. Hal ini sebagai respons atas kasus pemindahan klub, domisili klub, urusan klub, dan lain-lain. Ini dalam konteks pembinaan. Kenapa tidak ke PT LIB? Sebab, ini ranah PSSI untuk berkomunikasi dengan klub. BOPI menekankan hal itu.

2. BOPI meminta PT LIB untuk sempurnakan data terutama: Persewar Waropen, Aceh United, PSPS Riau, Blitar United, dan Sriwijaya FC.

3. Terkait utang piutang dan tunggakan gaji, PT LIB dan PSSI harus menyeriusi selambatnya Rabu, 19 Juni 2019 paling lambat pukul 12.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓