Otavio Dutra Mulai Latihan Sesudah Duel Persebaya Vs Madura United

Oleh Aditya Wany pada 19 Jun 2019, 14:15 WIB
Otavio Dutra

Bola.com, Surabaya - Stoper Persebaya, Otavio Dutra, masih belum muncul dalam latihan hingga sekarang. Pemain asal Brasil itu dalam proses adaptasi akibat cedera patah tulang hidung yang dialami saat melawan Persela Lamongan (11/6/2019).

Dalam laga uji coba itu, hidung Dutra disikut oleh striker Persela, Alex Goncalves. Hidungnya sampai mengeluarkan banyak darah. Dutra menjalani operasi satu hari setelah insiden tersebut.

Dokter tim Persebaya, Pratama Wicaksana Wijaya, menjelaskan Dutra baru saja menjalani pemeriksaan terkait cederanya. Pemain berusia 35 tahun itu perlu menjalani latihan fisik setelah satu bulan lebih tak ke lapangan hijau.

"Dutra sudah melakukan pemeriksaan final setelah satu bulan operasi. Kondisinya setelah operasi sudah bagus. Tapi, dia sudah lama tidak latihan, jadi sekarang proses adaptasi kondisi fisik. Dia perlu menjalani latihan indoor di gym supaya bisa kembali ke lapangan,” kata Pratama.

Tim medis Persebaya juga telah menyiapkan masker atau topeng pelindung. Pengukuran topeng itu telah dilakukan pada bulan lalu agar Dutra bisa menjalani latihan dengan lancar.

"Selama 2-3 bulan dia harus memakai proteksi dengan masker. Ada proses adaptasi untuk itu juga,” imbuh dokter yang akrab disapa Tommy tersebut.

Belum bisa dipastikan kapan Dutra akan berlatih bersama rekan-rekannya di lapangan hijau. Tommy menyatakan kemungkinan mantan pemain Bhayangkara FC dan Persipura Jayapura itu akan muncul setelah Persebaya menjamu Madura United.

"Setelah leg pertama melawan Madura United, dia sudah bisa bergabung latihan di lapangan,” ucap dokter lulusan Universitas Brawijaya itu.

Saat ini Persebaya tengah bersiap menjamu Madura United dalam leg pertama perempat final Piala Indonesia 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (19/6/2019). Dutra sudah dipastikan absen dalam pertandingan ini.