Cara yang Harus Dilakukan PSM agar Lolos ke Final Zona ASEAN Piala AFC 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 20 Jun 2019, 05:45 WIB
Para pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak Eero Markkanen ke gawang Lao Toyota FC pada laga Piala AFC 2019. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Thu Dau Mot - PSM Makassar meraih hasil minor pada laga leg pertama semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019. Tim Juku Eja harus puas pulang dengan kekecewaan setelah kalah 0-1 dari Becamex Binh Duong, Rabu (19/6/2019) malam WIB.

Pada laga tersebut, PSM sejatinya mampu mengimbangi permainan Becamex sampai berakhirnya babak pertama. Apalagi PSM sempat diuntungkan karena Becamex harus bermain dengan 10 orang setelah Nguyen Trung Tin diusir wasit pada menit ke-50 karena mendapatkan kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran berbahaya.

Namun, keuntungan itu gagal dimanfaatkan PSM. Becamex justru berhasil mencetak gol pada menit ke-80 melalui sundulan Nguyen Tien Linh setelah memaksimalkan umpan Le Tan Tai. Gol itu menjadi satu-satunya yang tercipta dalam laga yang berlangsung di Stadion Go Dau tersebut.

Hasil ini tak sepenuhnya membuat peluang PSM tertutup. Pasukan Darije Kalezic masih berpeluang untuk bisa melaju ke final Zona ASEAN Piala AFC 2019.

Syaratnya adalah PSM harus mampu memetik kemenangan atas Becamex pada laga leg kedua yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong (26/6/2019). Bermain di kandang sendiri tentunya menjadi sebuah keuntungan buat PSM.

PSM wajib menang dengan selisih minimal dua gol. Itu pun dengan catatan Becamex tidak mampu mencetak gol pada laga leg kedua nanti. Sebab, wakil Vietnam akan memulai laga nanti dengan keunggulan agregat 1-0.

Selain itu, peluang PSM juga masih terbuka jika hanya mampu memetik kemenangan 1-0 pada laga leg kedua nanti. Akan tetapi, situasi itu cukup riskan karena pertandingan bakal berlanjut ke babak perpanjangan waktu dan adu tendangan penalti jika tak ada gol tambahan dalam 120 menit.

PSM Makassar sejauh ini belum terkalahkan dalam laga kandang di Piala AFC 2019. Meski demikian, pertandingan diprediksi tetap akan berlangsung menarik karena Becamex Binh Duong musim ini punya catatan tandang yang apik yang juga belum terkalahkan dalam tiga laga.