Kiprah Timnas Futsal Indonesia U-20 di Piala AFC Futsal U-20 2019 Memuaskan

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 22 Jun 2019, 22:20 WIB
Timnas Futsal Indonesia U-20.

Bola.com, Tabriz - Setelah sukses mencapai semifinal Piala AFC Futsal U-20 2019, Timnas Futsal Indonesia U-20 harus menelan pil pahit kalah telak 1-9 dari tuan rumah Iran dalam laga perebutan tempat ketiga yang digelar di Shahid Poursharifi Arena, Tabriz, Iran, Sabtu (22/6/2019). Kendati mengakhiri kiprah dengan kekalahan telak, tim pelatih merasa sangat puas dengan pencapaian yang diraih tim muda futsal Indonesia.

Timnas Futsal Indonesia U-20 mencapai semifinal Piala AFC Futsal U-20 2019 setelah menang 6-3 atas Chinese Taipei dan 2-1 atas Irak di fase grup, serta menang 7-5 atas Vietnam di perempat final. Tim asuhan Kensuke Takahashi itu harus menyerah 3-4 dari Afganistan lewat babak perpanjangan waktu di semifinal.

Menghadapi tuan rumah Iran di perebutan tempat ketiga, Timnas Futsal Indonesia U-20 dicukur habis 1-9 dalam waktu 2x20 menit pertandingan. Kendati demikian, raihan punggawa futsal Indonesia itu diapresiasi oleh tim pelatih.

"Pertama, saya ingin mengucapkan selamat kepada Iran untuk kemenangan mereka. Ada begitu banyak strategi yang kami mainkan dari pressing ketat dan power play. Namun, Iran benar-benar tak ingin kalah lagi. Mereka bermain sangat sistematis dan mengeksploitasi semua titik lemah kami dalam pertandingan ini," ujar asisten pelatih Timnas Futsal Indonesia U-20, Sayan Karmadi.

"Saya masih puas dengan apa yang kami capai di sini karena kami ada di sini bersama pemain-pemain yang belum pernah merasakan pengalaman internasional. Saya gembira kami memperlihatkan bawha kami berada di level yang sama dengan Iran, Jepang, dan Thailand. Para pemain telah melakukan upaya yang luar biasa dan patut diingat dalam turnamen ini," lanjutnya.

Melihat penampilan para pemain yang dimilikinya, Sayan mengaku sangat optimistis jika Timnas Futsal Indonesia U-20 kali ini layak dipertahankan sebagai sebuah tim hingga akhirnya menjalani kualifikasi menuju Piala Dunia Futsal 2024.

"Saya akan pulang dan bicara dengan federasi kami karena saya pikir kami bisa lolos ke Piala Dunia 2024 dengan pemain-pemain ini," ujar asisten pelatih Timnas Futsal Indonesia U-20 itu.