Sukses


Ditahan Persija, Aji Santoso Puji Pertahanan Persela

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan untuk kali kedua harus puas mengakhiri pertandingan dengan hasil imbang di kandang. Kali ini, mereka bermain 0-0 saat menjamu Persija Jakarta dalam pertandingan pekan kelima Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu malam (22/6/2019).

Hasil ini membuat Laskar Joko Tingkir belum mampu meraih kemenangan di Liga 1 2019. Meski demikian, pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso melihat sisi positif, yaitu membaiknya barisan pertahanan yang dimiliki timnya.

Ini merupakan kali pertama Persela tidak kebobolan di kasta tertinggi Indonesia pada musim ini. Sebelumnya, Eky Taufik dkk. bahkan harus rela melihat gawangnya dibobol dua gol lebih dalam tiga pertandingan sebelumnya.

"Transisi pemain kami sudah sesuai, bagi saya tidak ada masalah. Kemampuan bertahan ada peningkatan. Sekarang kami tidak kebobolan, berarti ini semakin bagus," ucap pelatih asal Malang itu setelah pertandingan.

Aji memilih mengubah susunan back four timnya yang sebelumnya dirasa menjadi kelemahan. Empat bek yang diturunkan adalah Eky Taufik, Mawouna Amevor, Moch Zaenuri, dan Samsul Arifin.

Kejutan terjadi melihat stoper sekaligus kapten Arif Satria dicadangkan oleh Aji Santoso. Menurutnya, Zaenuri yang tampil sejak menit pertama dan berduet dengan Amevor, sudah menunjukkan performa apik selama beberapa kali latihan.

"Saya memasang pemain selalu berdasar latihan. Zenuri menunjukkan permainan signifikan dan terbukti, menurut saya pertama kali tampil sebagai starter memang diperlukan," imbuh Aji.

Keempat pemain belakang Persela Lamongan itu bekerja keras setiap kali mendapat tekanan barisan serang Persija. Beberapa kali pemain Macan Kemayoran mampu menembus kotak penalti dan mampu memblok setiap tembakan lawan.

 

2 dari 2 halaman

Peningkatan Permainan

Aji menilai timnya juga sudah menunjukkan peningkatan secara keseluruhan dalam permainan. Pemainnya tampil berani menekan dan menciptakan sejumlah peluang, meski belum ada yang berbuah gol.

"Saya melihat dalam pertandingan ini, pemain kami sudah bagus dan berusaha maksimal. Sayang, malam ini kami tidak beruntung. Faktor keberuntungan itu masih belum berpihak kepada kami," ujar pelatih berusia 49 tahun itu.

"Ada beberapa peluang yang seharusnya berbuat gol seperti yang dilakukan Malik (Risaldi), Alex (Goncalves), Marsel (Kararbo). Babak kedua ada Rafinha (Gomes de Oliveira) dan Sugeng (Efendi). Tapi, Andritany (kiper Persija) bermain baik dan bisa mengantisipasi itu semua," tuturnya.

Hasil ini memaksa Persela Lamongan masih menghuni zona degradasi klasemen sementara dengan raihan dua poin dari empat pertandingan. Mereka naik satu setrip, dari dasar klasemen menjadi peringkat ke-17.

Video Populer

Foto Populer