Sukses


Alasan Pelatih Arema Belum Memberikan Kesempatan Rivaldi Bawuo Main Penuh

Bola.com, Malang - Pelatih Arema, Milomir Seslija, pernah memberikan pujian selangit kepada pemain sayap Rivaldi Bawuo. Namun, sampai saat ini, penyerang asal Gorontalo tersebut belum mendapat kesempatan main dalam satu pertandingan penuh.

Justru posisi Rivaldi Bawuo melorot jadi pelapis di musim ini. Berbeda dengan musim lalu. Dia sempat jadi pilihan utama dan main 18 kali sebagai starter. Sedangkan tahun ini, dia baru sekali main sebagai pengganti.

"Rivaldi saat ini merupakan pemain terbaik di Indonesia ketika dia mendapatkan bola. Dia punya skill luar biasa jika menguasai bola di kakinya. Tapi, sepak bola bukan hanya tentang itu. Bagaimana dia harus kompak dengan pemain lain. Kalau dia main 90 menit, bisa jadi terlalu luar berlari terus," jelas Milo.

Yang dibutuhkan Milo adalah membetulkan posisi Rivaldi ketika tidak sedang menguasai bola. Saat Arema tertekan, dia diharapkan bisa kompak dengan pemain lain untuk membantu pertahanan.

Sejak ditangani Milo, Rivaldi sering dimasukkan sebagai pengganti ketika Arema butuh gol. Dia memang tipikal pemain menyerang. Kekurangannya, ketika Arema tertekan dia sering terlambat turun untuk membantu menahan serangan lawan.

"Rivaldi datang dari kasta kedua dan langsung gabung dengan tim sekelas Arema. Butuh waktu untuk menyempurnakan permainannya," sambung Milo.

Sebenarnya Rivaldi bermain sebagai striker murni di klub sebelumnya, Kalteng Putra. Dia sempat jadi top scorer Liga 2 musim 2017. Tetapi, di Arema, dia digeser sebagai pemain sayap. Ketika Arema ditangani pelatih sebelumnya, Joko 'Getuk' Susilo, dia sempat bermain sebagai striker berpasangan dengan Dedik Setiawan.

"Sekarang posisi Rivaldi juga dihuni banyak pemain. Kalau di depan, ada Sylvano Comvalius dan Dedik Setiawan. Sedangkan di sayap ada Dendi Santoso dan yang lain. Jadi, harus memberikan waktu lagi untuknya," lanjut Milo.

Musim lalu, Rivaldi menyumbangkan lima gol selama putaran pertama. Namun, pada paruh musim selanjutnya dia tidak pernah merobek gawang lawan kembali. Terakhir dia mencetak gol buat Arema terjadi di kandang Sriwijaya FC pada 27 Juli 2019.

Hal itu berarti sudah 11 bulan Rivaldi Bawuo tidak kembali melakukan selebrasi di Liga 1. Sebuah puasa gol yang cukup lama bagi mantan top scorer Liga 2 ini. 

Video Populer

Foto Populer