Sukses


Alasan Kiper Madura United Memilih Nama Muhammad di Kostum

Bola.com, Bangkalan - Penjaga gawang Madura United, Muhammad Ridho Djazulie, memilih nama punggung yang unik di jersey tim. Terdapat tulisan “Muhammad RD” pada bagiang punggung jersey yang biasanya untuk mengidentifikasi nama pemain di lapangan.

Nama punggung itu sebenarnya sudah digunakan sejak pemain yang akrab disapa Ridho itu masih berseragam Borneo FC. Pemain asal Pekalongan itu menjelaskan keputusannya menulis nama tersebut didasari saran dari mantan kapten Timnas Indonesia, Elie Aiboy.

Keduanya pernah sama-sama membela Persip Pekalongan pada medio 2014. Saat itu, Ridho menjadi kiper muda yang sudah berada di klub berjulukan Laskar Kalong itu sejak 2010. Sementara Elie Aiboy menjadikan Persip sebagai klub terakhir dalam kariernya sebelum pensiun

“Ini bermula saat saya main di Persip Pekalongan. Saat itu, saya satu tim dengan Kakak Elie Aiboy. Saya tanya sama dia soal nama yang pas untuk di bagian punggung kostum tim,” kata Ridho yang saat itu menjadi kiper muda Persip kepada Bola.com belum lama ini.

“Dia menyarankan dan bilang, ‘kamu pakai nama Muhammad saja’. Sisanya, Ridho Djazulie disingkat jadi ‘RD’. Menurut saya ini terkesan berbeda dan bagus,” imbuh pemain Madura United berusia 27 tahun tersebut.

Namun, kesan unik muncul dalam pemilihan Ridho untuk nama di jersey ini. Hampir semua pemain sepak bola yang bernama Muhammad, atau variasi ejaan lainnya, pada umumnya tidak memilih nama itu untuk dipasang di kostum tim.

Biasanya, mereka lebih memilih nama panggilan yang terdengar akrab atau fam etnis masing-masing. Sebagai contoh, pemain Liverpool asal Mesir, yaitu Mohamed Salah Hamed Mahrous Ghaly memilih “M. Salah” sebagai nama punggungnya.

 

 

2 dari 2 halaman

Lebih Percaya Diri

Di Indonesia sebenarnya muncul kebiasaan nama punggung sesuai dengan nama panggilan akrab atau bagian satu kata dari nama lengkap pemain. Seperti yang terjadi pada Muhammad Abduh Lestaluhu yang memilih kata “Abduh”.

“Saya berpikir dan pertimbangkan, ini bisa membuat saya lebih baik ke depan. Rasanya berbeda dan lebih percaya dengan menggunakan nama ini. Makanya masih saya pakai sampai sekarang,” ucap Ridho.

Seperti diketahui, “Muhammad” bukanlah nama yang sembarangan bagi umat Islam di seluruh dunia. Itu tak lain merupakan nama nabi yang diagungkan muslim sebagai seorang tokoh yang mulia.

Dampak kepercayaan diri itu sangat dirasakan oleh Ridho untuk terus bekerja keras. Dia kini menjadi penjaga gawang andalan Madura United dan kerap melakukan penyelamatan gemilang dari tembakan yang dilakukan pemain lawan.

 

Video Populer

Foto Populer