Arema Kehilangan 2 Bek Tengah saat Menjamu Persipura

Oleh Iwan Setiawan pada 02 Jul 2019, 15:05 WIB
Diperbarui 04 Jul 2019, 12:17 WIB
Arema FC, Hamka Hamzah dan Arthur Cunha

Bola.com, Malang - Perjuangan Arema FC untuk bangkit akan terasa lebih berat. Pada laga terdekat melawan Persipura Jayapura (4/7/2019), sejumlah pemain absen.

Bek asal Brasil, Arthur Cunha da Rocha absen karena mengantongi tiga kartu kuning. Tandemnya sekaligus kapten tim Hamka Hamzah juga masih cedera memar di bagian rahang dan telinga kiri.

Cedera itu didapatkan ketika pertandingan versus Tira Persikabo di Stadion Gajayana, Malang, Sabtu (29/6/2019). Hamka berbenturan keras dengan kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi memprediksi bek kelahiran Makassar itu belum pulih 100 persen ketika melawan Persipura. Jika Hamka juga absen, Arema harus menurunkan duet bek tengah baru. Cukup berisiko sebetulnya meskipun Persipura musim ini masih limbung karena belum pernah menang.

Terkait komposisi lini belakang yang tidak utuh, pelatih Arema, Milomir Seslija mengaku hal tersebut sudah diantisipasi. Menurut dia, sudah jadi hal wajar jika dalam kompetisi ada pemain yang akumulasi kartu maupun cedera.

“Sekarang harus cari opsi pemain pengganti. Mungkin justru ada 3-4 perubahan komposisi pemain saat melawan Persipura,” jelasnya.

Jika melihat saat latihan, Milo menyiapkan sejumlah pemain jadi bek tengah. Ada Ikhfanul Alam dan Rachmat Latief yang berposisi asli sebagai stopper. Dua gelandang bertahan Arema FC, Hanif Sjahbandi dan Pavel Smolyachenko dijajal di posisi Arthur. 

2 of 3

Kebobolan 9 Gol

Hamka Hamzah, Arema FC, Liga 1 2019, Shopee Liga 1 2019
Bek sekaligus kapten Arema FC, Hamka Hamzah, tidak bisa menutupi rasa kecewa karena timnya kalah 1-2 saat menjamu Tira Persikabo di Stadion Gajayana, Malang, dalam laga pekan keenam Shopee Liga 1 2019, Sabtu (29/6/2019) malam. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Dari empat pertandingan yang sudah dijalani, Arema sudah kebobolan 9 gol. Banyaknya gol yang lahir justru ketika Hamka dan Arthur bermain penuh di lapangan.

Jadi, saat salah satu atau keduanya absen, lini belakang Arema bisa lebih keropos jika tidak disiapkan sistem pertahanan yang lebih rapat dan disiplin.

Berpeda dengan musim lalu. Arema masih punya Purwaka Yudi dan Bagas Adi Nugroho. Namun, dua pemain itu kini sudah hengkang demi mencari kesempatan main yang lebih banyak di klub lain. Di Arema, posisi bek tengah utama sudah pasti jadi milik Arthur dan Hamka.

3 of 3

Cuplikan Pertandingan Arema FC Vs Tira Persikabo

Lanjutkan Membaca ↓
Gagal Raih Emas, Timnas Indonesia U-22 Perlu Pelatih Asing?