Sukses


Bonek Jepang Jadi Saksi Pesta Gol Persebaya ke Gawang Persib

Bola.com, Surabaya - Pesta gol Persebaya ke gawang Persib Bandung disaksikan banyak orang yang mencintai serta mendukung tim berjulukan Bajul Ijo itu. Persebaya menang 4-0 dalam laga pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Tak terkecuali bagi Andis Stevin dan Rina Izumi. Andis adalah pria asli Surabaya yang menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Jepang. Sedangkan Rina merupakan gadis asli Jepang yang kini menjadi tunangan Andis.

Keduanya datang dari Jepang menyaksikan pertandingan akbar antara dua tim eks Perserikatan itu. Keduanya tiba di Surabaya sejak 26 Juni 2019. Ini memang bukan pertandingan pertama Persebaya yang mereka tonton dalam kunjungan kali ini.

Pasangan ini sebelumnya juga jadi saksi saat Persebaya menang 3-2 atas Persela Lamongan (1/7/2019), di stadion yang sama.

"Rasanya sangat puas. Setelah lama di Jepang, kami bisa berkesempatan menyaksikan pertandingan besar ini. Puas sekali melihat permainan Persebaya yang fantastis. Apalagi, bisa menang empat gol tanpa balas," kata Andis kepada Bola.com.

Meski asli Jepang, Rina bukannya tidak tahu apa-apa tentang Persebaya. Gadis asal Yokohama itu mulai mencintai Persebaya sejak menjalin hubungan dengan Andis. Mulanya, Andis bercerita tentang kota asalnya sekaligus budaya dan klub sepak bola kebanggaannya.

"Awalnya Andis bercerita tentang Surabaya. Saya lihat logo Surabaya sangat unik karena ada dua binatang. Dia bilang lambang ikan hiu dan buaya itu bercerita tentang pertarungan mereka. Saya jadi tertarik," ungkap dara 28 tahun itu.

2 dari 2 halaman

Muncul Bonek Japan

Logo yang dimaksud oleh Rina, tertera pada logo klub asal Kota Pahlawan itu. Selama ini, hiu dan buaya merupakan simbol Surabaya. Rina merasa sangat tertarik dengan Persebaya, meski sebenarnya tidak terlalu memahmi sepak bola.

Ketertarikan Rina pada Persebaya berlanjut dengan menyaksikan pertandingan Persebaya dan aksi Bonek di Youtube. Rina, yang bisa sedikit berbahasa Indonesia, mulai menghafalkan beberapa lagu yang kerap dinyanyikan Bonek di stadion.

Pasangan beda kewarganegaran itu juga menginisiasi lahirnya Bonek Japan, komunitas perantauan asal Surabaya di Jepang. Mereka kerap berkumpul bersama membahas Persebaya dan Surabaya di saat rindu kampung halaman.

"Rasanya campur aduk. Puas, bangga, bahagia, terharu, dan semuanya jadi satu bisa kembali menonton Persebaya. Saya juga senang bisa membawa Rina ke sini. Dia juga tidak kalah senang melihat tim ini menang," ucap Andis.

Rencananya, pasangan ini akan berada di Surabaya selama satu bulan. Keduanya akan kembali ke Jepang pada pertengahan Juli ini.

Video Populer

Foto Populer