Sukses


Samsul Arif Ungkap Kondisi Terkini Barito Putera Pasca Pergantian Pelatih

Bola.com, Banjarmasin - Dua pekan terakhir berita Barito Putera menyita perhatian pencinta sepak bola nasional. Biduk Laskar Antasari sempat oleng menyusul berita mundurnya Jacksen F. Tiago sebagai pelatih kepala. 

Maklum, selama dua musim Jacksen di Barito Putera, suasana tampak adem ayem saja.

Manajemen segera bergerak cepat. Yunan Helmi ditunjuk menggantikan Jacksen Tiago. Di tangan Yunan Helmi, pelan-pelan Barito Putera mulai bangkit.

Sebagai satu di antara pemain senior, bagaimana Samsul Arif Munip, menyikapi dinamika di Barito Putera saat ini? Berikut wawancara Bola.com dengan pemain asal Bojonegoro ini.

Bagaimana kabar Anda, keluarga, dan teman-teman Barito Putera?

Alhamdulillah, saya baik-baik saja. Keluarga juga sehat. Teman-teman di Barito baik semua. Meski secara psikis ada tekanan, karena prestasi tim sedang kurang bagus di kompetisi. 

Seberapa besar pengaruh mundurnya Jacksen Tiago? 

Pasti berpengaruh karena kami sudah dua musim bersama coach Jacksen. Baik hubungan secara pribadi maupun profesional. 

Soal persentase besar kecilnya, itu tergantung pribadi masing-masing pemain. Tapi, di klub manapun bila pelatih mundur, pasti punya dampak negatif dan positif dalam tim. Tapi, di sini (Barito Putera), kami berpikir positif karena prestasi tim sedang buruk, kami harus berpikir positif untuk maju. 

2 dari 2 halaman

Pemain Loyal kepada Klub

Secara pribadi, bagaimana perasaan Anda?

Saya sangat menyayangkan keputusan itu. Tapi, itu hak pribadi coach Jacksen. Dia yang lebih tahu bagaimana harus mengambil keputusan. Dia pasti telah mempertimbangkan secara matang dan dewasa sebelum memutuskan. 

Hubungan Anda dengan Jacksen cukup akrab. Anda mau ke Barito Putera karena Jacksen. Pendapat Anda?

Saya tak memungkiri hubungan itu. Dua musim lalu, saya mau ke sini karena ajakan coach Jacksen. Saya tetap profesional, ada atau tidak ada Jacksen di Barito karena saya dikontrak sepenuhnya untuk klub, bukan dedikasi terhadap seseorang. 

Bagaimana sosok Yunan Helmi di mata Anda?

Dia pelatih bagus, dan sudah waktunya dia jadi pelatih kepala. Pergantian di Barito berjalan alami. Dalam hidup ini pasti ada yang keluar dan masuk. Ada yang pergi dan datang. Apalagi kami sudah tahu betul siapa coach Yunan Helmi. 

Adakah perbedaan antara Jacksen Tiago dan Yunan Helmi? 

Tidak etis, bila saya membandingkan kemampuan seseorang. Manusia itu tak sempurna. Pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Yang jelas, tim ini harus lebih baik. Siapa pun pelatihnya. 

Seperti saya bilang tadi. Seorang pemain loyal terhadap klub, bukan kepada seseorang.

Apa perubahan paling mencolok sejak ditangani Yunan Helmi? 

Sebenarnya tak ada perubahan signifikan karena coach Yunan Helmi bukan orang baru di Barito. Perbedaan hanya pada spirit dan motivasi kolektif pemain untuk bersama-sama membangkitkan Barito Putera dari keterpurukan di kompetisi musim ini.

Video Populer

Foto Populer