Sukses


Robert Alberts Komentari Rivalitas Persib dengan Persija

Bola.com, Bandung - Robert Alberts sudah memahami seluk beluk sepak bola Indonesia karena ia sudah terlibat di dalamnya setidaknya satu dekade terakhir dengan menangani beberapa klub. Namun, baru kali ini ia terlibat "langsung" dalam rivalitas Persib Bandung dengan Persija Jakarta.

Statusnya sebagai pelatih kepala Persib Bandung, membuatnya ikut melakoni laga yang masuk dalam kategori paling bergengsi serta paling banyak menyedot perhatian pencinta sepak bola Indonesia, yakni duel kontra Persija.

Di luar kewajiban memberikan poin dari pertandingan ini, Persib sedang paceklik kemenangan, pelatih asal Belanda itu ternyata cukup kalem menyongsong duel penuh gengsi melawan Persija.

"Dalam sepak bola, laga seperti Real Madrid versus Barcelona atau derbi Manchester, menurut saya hanya bumbu dari bagian sebuah pertandingan karena sama seperti laga lainnya, berjalan selama 90 menit dan tidak ada pendekatan yang berbeda. Tidak lebih, hanya laga yang mungkin sedikit lebih menggairahkan," ujar Robert Alberts perihal duel kontra Persija.

Secara khusus, di luar teknis, pertandingan Persija versus Persib selalu menyita atensi publik karena keberadaan suporter kedua tim yang tak akur. Untuk hal satu ini, Robert Alberts juga paham benar.

Ia menilai ketidakharmonisan di antara suporter Persija dan Persib Bandung yang kerap berujung hal-hal negatif, menjadi isu penting.

"Seharusnya suporter berteman dengan kelompok suporter lain. Maaf saya harus mengatakan itu. Sepak bola tetap sepak bola. Kita tak bisa membenci klub lain, yang pemainnya sama-sama membela timnas yang sama, dan semua suporter seharusnya mendukung timnasnya sehingga menjadi satu," tutur mantan pelatih PSM Makassar dan Arema ini.

"Menurut saya, penyelesaiannya dimulai dengan proses suporter menjadi profesional. Suporter yang profesional itu tak membenci tim lain, harus saling mendukung dan menyambut baik satu sama lain," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Imbauan PT LIB

Robert Alberts menambahkan, proses ini bisa dimulai dari sekarang, untuk menyadarkan suporter bisa mencintai klub kesayangan tanpa harus membenci tim lain.

"Bagi kami, pertandingan hanya sebatas di lapangan. Semuanya harus belajar saling menghormati," ucapnya.

Persib akan menghadapi Persija dalam laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Tim Maung Bandung butuh kemenangan atau setidaknya satu poin setelah kalah 0-4 dari Persebaya pada pekan ketujuh, Jumat (5/7/2019). Mereka juga belum pernah menang lagi sejak partai perdana di Liga 1 2019, 18 Mei 2019.

Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah mengeluarkan imbauan agar suporter Persib, bobotoh, tak datang untuk mendukung langsung tim kesayangan ke Jakarta dengan alasan keamanan.

Video Populer

Foto Populer