Sukses


Madura United yang Menang, PSM yang Maju Menantang Persija di Final Piala Indonesia

Bola.com, Pamekasan - PSM Makassar melaju ke final Piala Indonesia 2018 setelah mendepak Madura United dengan keunggulan gol tandang setelah agregat imbang 2-2. Padahal dalam laga leg kedua semifinal Piala Indonesia yang berlangsung diĀ Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (7/7/2019), PSM kalah 1-2 dari Madura United. PSM melaju ke final karena unggul gol tandang setelah di leg pertama menang 1-0.

Keunggulan gol tandang usai agregat imbang 2-2 membuatĀ PSM akan menghadapi Persija Jakarta pada dua laga final yang digelar di pada 21 dan 28 Juli mendatang. Seperti diketahui, Persija melaju ke final setelah menyingkirkan Borneo FC dengan agregat 3-1.

Bermain sebagai tim tamu dengan keunggulan agregat 1-0 tak lantas membuat PSM bersantai. Pasukan Ramang berhasil membuka peluang melalui Muhammad Rachmat pada menit ketiga. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa ditepis Muhammad Ridho.

Tim tuan rumah baru mendapatkan peluang pada menit ke-19 melalui tendangan bebas Aleksandar Rakic. Akan tetapi, bola hasil sepakan pemain Serbia itu berhasil dimentahkan kiper PSM kawalan Hilman Syah.

Rakic kembali mengancam gawang PSM enam menit berselang. Kali ini, bola hasil sepakannya membentur tiang gawang. Dua menit berselang, giliran Alfath Faathier yang mendapatkan peluang, namun Hilman Syah kembali melakukan penyelamatan gemilang.

Memasuki menit ke-32, Madura United mendapatkan hadiah penalti setelah Alberto Goncalves dilanggar Beny Wahyudi di kotak terlarang. Rakic yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan tugasnya dengan melepaskan tembakan ke arah kiri gawang PSM.

Memasuki paruh kedua laga, Madura United semakin agresif melancarkan serangan.Ā Madura United kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-58 melalui aksi Greg Nwokolo. Mendapatkan umpan dari Rakic, Greg melepaskan tembakan keras ke gawang PSM.

Gol tersebut semakin membuat PSM tertekan dan Madura United di atas angin untuk lolos ke final. Pasukan Darije Kalezic kemudian bermain lepas dengan menggempur lini pertahanan Madura United karena hanya membutuhkan satu gol saja untuk bisa memastikan diri lolos ke final.

Memasuki menit ke-83, PSM akhirnya memecah kebuntuan melalui aksi Aaron Evans. Memanfaatkan tendangan Bebas Marc Klok, bola kemudian disundul Bayu Gatra sehingga mengenai tiang gawang Madura United. Aaron Evans yang tanpa pengawalan di depan gawang Madura United kemudian melepaskan tendangan ke dalam gawang Ridho.

Di sisa waktu, Madura United yang butuh satu gol lagi berusaha untuk mencari angka tambahan dengan menekan lini pertahanan PSM Makassar. Namun, sejumlah peluang Laskar Sape Kerap berhasil dipatahkan sehingga tak ada gol tambahan hingga peluit panjang. Hasil imbang 2-2 dan gol tandang di Pamekasan mengantar PSM menghadapi Persija di partai puncak.

2 dari 2 halaman

Susunan pemain

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (kiper), Alfath Fathier, Andik Rendika, Fandry Imbiri, Jaimerson Xavier (belakang), Marckho Meraudje, Slamet Nurcahyono, Zulfiandi, Alberto Goncalves, Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic (depan)

Pelatih: Dejan Antonic (Serbia)

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper), Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaiman, Beny Wahyudi, Asnawi Bahar (belakang), Marc Klok, Rasyid Bakri, Rizky Pellu (tengah), Zulham Zamrun, Muhammad Rachmat, Guy Junior (depan)

Pelatih: Darije Kalezic (Bosnia)

Video Populer

Foto Populer