Sukses


Persija Vs PSM di Final Piala Indonesia, Aroma Balas Dendam

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta akan menghadapi PSM Makassar dalam dua laga final Piala Indonesia 2018 yang akan digelar pada 21 dan 28 Juli 2019. Laga ini sarat akan aroma balas dendam karena sakit hati dalam perburuan gelar Liga 1 2018.

Persija melaju ke final setelah mendepak Borneo FC dengan agregat 3-2. Adapun PSM meraih tiket final setelah menyingkirkan Madura United secara dramatis dengan agregat 2-2, namun unggul gol tandang.

Final Piala Indonesia 2018 ini terbilang cukup ideal karena mempertemukan dua kekuatan sepak bola Indonesia. Kedua tim sama-sama mewakili Indonesia di Piala AFC 2019. Namun, keduanya gagal melaju jauh, di mana Persija terhenti di fase grup, sedangkan PSM kandas di semifinal Zona ASEAN.

Berhubung final digelar dalam dua leg, bisa dipastikan pertandingan akan berlangsung fair. Artinya, kedua tim sama-sama punya peluang tampil di kandang dan mendapatkan dukungan penuh dari pendukung masing-masing.

Final dikatakan panggung balas dendam karena PSM sepertinya masih menyimpan sakit hati karena gagal menjuarai Liga 1 2018. Ketika itu, Pasukan Ramang gagal juara karena selisih 1 poin dari Persija yang menjadi kampiun.

Namun, terlepas dari aroma balas dendam laga ini diprediksi tetap akan menarik. Final Piala Indonesia 2018 juga bisa menjadi pembuktian tim mana yang benar-benar layak disebut terbaik di Indonesia, apakah Persija Jakarta atau PSM Makassar.

2 dari 2 halaman

Rivalitas Panjang

Persija Jakarta dan PSM Makassar adalah dua peta kekuatan sepak bola Indonesia. Kedua klub sama-sama sudah bermain di Era Perserikatan. Namun, sebuah rivalitas kedua tim yang tak terlupakan terjadi pada 2001. Ketika itu, kedua tim sama-sama bertanding di final Liga Indonesia 2001.

PSM sebagai juara bertahan mendapatkan tantangan langsung dari Persija dalam laga final yang digelar Minggu (7/10/2001). Persija akhirnya menggagalkan PSM untuk back to back juara setelah menang 3-2.

Kemenangan itu mengantarkan gelar juara Persija di era kompetisi baru. Hal yang akhirnya diulang Persija pada Liga 1 2018 juga dengan memupuskan impian PSM Makassar untuk menjadi juara.

Video Populer

Foto Populer