Sukses


Prediksi Semen Padang Vs Tira Persikabo: Kabau Sirah Wajib Menang

Bola.com, Padang - Wajib menang, hanya itu satu-satunya pilihan. Misi itu harus direalisasikan Semen Padang saat menjamu Tira Persikabo dalam laga tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019 di Stadion H.Agus Salim, Padang, Senin (8/7/2019).

Duel menghadapi tim tamu merupakan pertandingan penting bagi Semen Padang. Imbang apalagi kalah, tentu makin menambah rentetan catatan buruk Irsyad Maulana dkk.

Sebaliknya, jika mampu memetik kemenangan perdana dalam lima laga yang telah dilakoni, bisa memperpanjang 'nafas' pelatih kepala untuk tetap bertahan di singgasananya.

Derasnya tuntutan mundur Syafrianto Rusli dari kursi pelatih, seperti yang diembuskan fan Kabau Sirah belakangan ini, hanya bisa diatasi dengan tiga poin dari laga kontra Tira Persikabo.

Kondisi itu disadari manajemen, termasuk Syafrianto Rusli. Hasil pertandingan nanti bakal berdampak pada posisi pelatih kepala. Bertahan atau mundur.

Syafrianto sebelumnya menyatakan akan mundur jika kalah dari Tira Persikabo. Menurutnya, langkah itu bisa menjadi solusi untuk mengangkat posisi Semen Padang, yang dalam kondisi kurang bagus.

Dari lima pertandingan yang sudah dijalani, Semen Padang baru berhasil meraih tiga hasil imbang dan menelan dua kekalahan.

Meski dalam tekanan, Syafrianto mengaku tetap fokus pada pertandingan. Pembenahan tim dimaksimalkan, baik pematangan taktik maupun fisik pemain.

"Kami telah siap menghadapi Tira Persikabo. Pasca menghadapi Persipura, kami melakukan evaluasi menyeluruh serta mempersiapkan strategi khusus pada pertandingan nanti," ungkap Syafrianto.

2 dari 4 halaman

Lawan Bisa Dikalahkan

Syafrianto mengakui, tim tamu dalam kondisi nyaman. Hal itu tak terlepas dari pencapaian dalam enam laga sebelumnya,  belum sekalipun tersentuh kekalahan. Meski begitu, menurut Syafrianto, bukan berarti tim lawan tak bisa dikalahkan.

"Kami telah mempersiapakn taktik yang akan diterapkan. Saat ini pemain dalam kondisi puncak. Motivasi dan mental mereka sangat baik jelang pertandingan. Semoga bisa dipertahankan hingga pertandingan," ulasnya.

"Tim lawan merupakan tim yang solid. Mereka memliki materi pemain merata di seluruh lini. Pemain harus mengantisipasi pergerakan lawan terdekat mereka. Kami tidak melakukan pengawalan khusus terhadap satu atau dua pemain lawan," tambahnya.

Ia mengungkapkan, telah mempersiapkan beberapa formasi yang akan diterapkan, tergantung situasi di lapangan.

"Hal itu berguna jika terjadi deadlock. Pemain sudah memahaminya dan tinggal aplikasi di lapangan," lanjut pelatih kawakan itu.

Terpisah, bek impor asal Uzbekistan, Shukurali Pulatov, mengatakan tiga poin menjadi target harga mati. Pemain bernomor punggung 3 ini mewanti-wanti rekan-rekannya untuk menjaga semangat juang dalam merealisasikan misi itu.

"Kami harus bermain dengan fighting spirit, dengan itu hasil maksimal saya yakin bisa diperoleh," harapnya.

Ia juga berharap suporter memberikan dukungan penuh saat berlaga di kandang. "Dukungan pemain ke-12 sangat diharapkan untuk melipatkan motivasi kami di lapangan," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Momen Kebangkitan

Seperti disampaikan Syafrianto, kini Tira Persikabo dalam posisi lebih nyaman. Namun, situasi ini tak membuat kubu Tira Persikabo menjadi lengah. Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, mewaspadai kebangkitan tim tuan rumah.

Pelatih yang akrab disapa RD itu menjelaskan, momentum setiap tim berbeda-beda, dan tak bisa dengan gampang diprediksi tim lawan.

RD tak ingin tim asuhannya tergelincir di Padang, hanya karena meremehkan lawan.

"Dalam pertandingan ini, yang paling penting bagi saya adalah tim yang saya asuh tetap waspada terhadap kemungkinan tim lawan bangkit. Tidak akan ada yang tahu kapan sebuah tim akan bangkit," kata RD.

Lebih lanjut mantan pelatih Persija Jakarta itu memilih fokus pada permainan tim asuhannya. Ia enggan membeberkan target timnya dalam lawatan ke Padang kali ini. 

Namun, tentu Manahati Lestusen cs. tak ingin pulang dengan tangan hampa apalagi, dengan begitu catatan tak terkalahkan mereka menjadi ternoda.

Untuk laga tandang kali ini, RD menyiapkan 18 pemain, yang seluruhnya dalam kondisi siap tempur. "Dengan 18 pemain yang kami bawa, secara keseluruhan tak ada gangguan apapun. Insyaallah akan bisa bertanding dengan baik dalam laga kali ini," ucap RD.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Semen Padang (4-3-3): Teja Paku Alam (kiper); Dedi Gusmawan, Muhammad Rifki, Agung Prasetyo, Boas Atuturi (belakang); Shukur Pulatov, Dedi Hartono, Irsyad Maulana, Jose Sardon, Fridolin Yoku, Marx Barthelemy (depan).

Pelatih: Syafrianto Rusli

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputro (kiper); Rifad Marasabessy, Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu (belakang); Manahati Lestusen, Louis Parfait, Ciro Alves (tengah); Osas Saha, Wawan Febriyanto, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Video Populer

Foto Populer