Terbang ke Jayapura Pagi Ini, Jacksen Tiago Langsung Memimpin Latihan Persipura

Oleh Gatot Susetyo pada 12 Jul 2019, 05:45 WIB
Liga 1 2017, Bhayangkara FC, Barito Putra

Bola.com, Jakarta - Pelatih asal Brasil, Jacksen F. Tiago, bergerak cepat setelah secara resmi ditunjuk menjadi pelatih kepala Persipura Jayapura. 

"Jumat (12/7/2019) pukul 06.00 pagi, saya terbang dengan pesawat Garuda ke Jayapura untuk teken kontrak resmi sebagai pelatih Persipura. Sangat menyenangkan, saya bisa kembali ke Persipura. Saya seperti berkumpul lagi dengan keluarga yang telah lama saya tinggalkan," ungkap Jacksen Tiago.

Jacksen mengungkapkan, sebenarnya kesepakatan dirinya dengan manajemen Persipura telah terjadi sepekan lalu pada pertemuan di sebuah restoran di Surabaya. Namun, kedua pihak memang sengaja menyimpan rapat-rapat hasil pertemuan itu dari endusan media.

"Kesepakatannya, manajemen Persipura yang akan mengumumkan lebih dulu. Baru saya berani bicara. Karena prinsip saya, tidak etis komentar ke publik sesuatu yang bukan ranah saya. Apalagi saya memang belum teken kontrak," tutur Jacksen Tiago.

Lalu, kapan Jacksen mulai bekerja?

"Setelah teken kontrak saya langsung kerja. Saya tak tahu jam berapa pesawat tiba di Jayapura. Kalau tiba siang, saya langsung memimpin latihan sore harinya. Lebih cepat, lebih bagus. Kami dikejar waktu untuk mengangkat prestasi Persipura musim ini," katanya.

Posisi Persipura Jayapura saat ini memang mengenaskan. Mutiara Hitam berada di peringkat ke-16 klasemen sementara. Otomatis Jacksen Tiago dihadapkan pada situasi sulit untuk mengangkat pamor Mutiara Hitam di Shopee Liga 1 2019.

2 of 2

Langsung Hadapi Tugas Berat

Jacksen Tiago
Jacksen Tiago bersama pengurus Persipura Jayapura di Surabaya. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Walau sudah paham karakter sepak bola Papua dan Persipura, Jacksen tak mau sesumbar.

"Saya bukan malaikat. Tapi saya akan profesional. Bagi saya tak ada yang tak mungkin, jika semua elemen di Persipura ikut bekerja keras. Keuntungannya, saya pernah lama melatih Persipura. Jadi atmosfer dan lingkungannya sudah familiar. Doakan saya bisa mengangkat Persipura ke posisi tengah atau atas pada kompetisi musim ini," ujarnya.

Tugas berat langsung ada di depan mata Jacksen Tiago. Persipura bakal menjamu tim bertabur bintang, Madura United di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (16/7/2019).

Lanjutkan Membaca ↓