3 Pemain yang Membuat Kejutan di Shopee Liga 1 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 14 Jul 2019, 08:15 WIB
3 Pemain Kejutan di Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Berbagai kejutan mewarnai Shopee Liga 1 2019 pada pekan kedelapan. Tim kuda hitam mulai muncul. Selain itu. ada juga tim yang kehabisan bensin. Plus, beberapa pemain yang tak terpantau radar, malah unjuk gigi.

Klasemen Liga 1 2019 juga belum stabil. Ada klub yang baru bermain empat kali seperti PSM Makassar, ada juga yang telah tampil delapan kali, contohnya Tira Persikabo. Tim berjulukan Laskar Pajajaran ini memanfaatkan betul jumlah pertandingan yang dijalani.

Dari delapan kali bertanding, Tira Persikabo mampu mengemas 16 poin hasil dari empat kemenangan dan empat kali imbang. Laskar Pajajaran masih nihil kekalahan di musim ini. Alhasil, Manahati Lestusen dan kawan-kawan melesat ke puncak klasemen sementara Liga 1 2019.

Dua klub kuda hita, Perseru Badak Lampung FC dan Kalteng Putra mulai inkonsisten. Setelah dua kali sukses mencuri poin penuh dari markas Kalteng Putra dan Semen Padang, Badak Lampung belum lagi menang dalam empat partai terakhir.

Kalteng Putra, yang memulai Liga 1 2019 dengan raihan dua kali kemenangan dan sekali imbang pada empat pertandingan awal, kini mulai keteteran. Tim dengan sebutan lain Laskar Isen Mulang itu selalu menelan kekalahan dalam tiga laga teraktual.

Setelah membahas kejutan dari klub kuda hitam, kini saatnya merangkum para pemain kurang pamor yang tampil mengesankan sejauh ini di Liga 1 2019.

2 of 4

Ciro Alves (Tira Persikabo)

Liga 1 2019 : Bhayangkara FC Vs Tira Persikabo
Pemain Tira Persikabo, Ciro Alves, saat melawan pada Bhayangkara FC laga Liga 1 2019 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/Yoppy Renato)

Ciro Alves adalah kejutan terbesar pada musim ini. Penyerang Tira Persikabo mampu memuncaki daftar pencetak gol terbanyak dengan enam gol.

Bersaing dengan Loris Arnaud di lini depan Tira Persikabo, Ciro malah menjadi sumber gol utama Tira Persikabo dibandingkan mantan striker PSG tersebut. Padahal, posisi pemain asal Brasil ini bukan penyerang murni.

Ciro adalah sosok yang multifungsi. Dapat bermain sebagai striker tengah, striker sayap maupun gelandang serang. Tira Persikabo sangat beruntung ketika Arnaud mendapat penjagaan ketat, Ciro mampu mengambil alih tugasnya sebagai mesin gol Laskar Pajajaran.

3 of 4

Dedik Setiawan (Arema FC)

Dedik Setiawan
Striker Arema, Dedik Setiawan, mencetak gol kemenangan Arema atas Barito Putera di laga perdana Grup E Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (4/3/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Dedik Setiawan terpaksa bermain sedikit melebar setelah kedatangan Sylvano Comvalius ke Arema FC. Namun, perubahan posisi tersebut tak mengurangi insting mencetak golnya.

Saat ini, Dedik malah mengungguli perolehan gol Comvalius di Liga 1 2019. Dedik telah mengemas lima gol, terbanyak kedua di musim ini, sedangkan Comvalius baru sekali mencatatkan namanya di papan skor.

Dedik adalah pemain lokal tersubur di Liga 1 2019 sampai dengan pekan ke-8. Penyerang berusia 25 tahun itu melampaui torehan gol dua bomber naturalisasi, Alberto Goncalves dan Ilija Spasojevic yang masing-masing membukukan empat dan tiga gol.

4 of 4

Alex Dos Santos

Alex Goncalves (Persela Lamongan)
Alex Goncalves, striker Persela, saat melawan Kalteng Putra di Stadion Surajaya, Lamongan (11/7/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Di tengah keterpurukan, Persela Lamongan sedikit bangga tatkala nama strikernya, Alex Dos Santos tercantum dalam jajaran pemain tersubur di Liga 1 2019. Penyerang asal Brasil itu telah enam kali membobol gawang lawan.

Tiga di antaranya tercipta ketika Persela membantai Kalteng Putra, 3-0. Kemenangan itu merupakan raihan poin penuh pertama tim berjulukan Laskar Joko Tingkir tersebut di musim ini.

Alex datang ke Persela dengan ekspektasi cukup besar, dituntut dapat menggantikan peran Arnaud yang hengkang ke Tira Persikabo. Pada musim lalu, Arnaud mampu mengoleksi 15 gol.

Lanjutkan Membaca ↓