Gagal Menang di Kandang PSS, Djanur Keluhkan Pertahanan Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 13 Jul 2019, 22:35 WIB
Persebaya Surabaya

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya kembali gagal memetik kemenangan di Shopee Liga 1 2019. Setelah ditahan Barito Putera 2-2 (9/7/2019), Bajul Ijo tumbang 1-2 saat bertandang ke markas PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7/2019) malam.

Persebaya sebenarnya unggul terlebih dahulu setelah Damian Lizio memanfaatkan bola rebound pada menit ke-27. Sayang, PSS mampu membalasnya dengan dua gol berkat tembakan Yevhen Bokhashvili (39’) dan Haris Tuharea (56’). 

Hasil ini membuat Persebaya kebobolan empat gol dalam dua laga saja. Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, masih mengeluhkan problem lini belakang. Dia mengaku sudah berusaha memperbaiki barisan pertahanan dalam latihan. 

“Kami akui gol-gol yang bersarang dalam dua pertandingan lahir akibat lemahnya penjagaan di belakang. Itu menjadi konsentrasi dalam latihan, tapi masih terjadi juga. Lawan tidak terjaga sehingga bergerak cukup bebas. Itu hal yang harus saya perbaiki terus,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu 

“Kami sudah memberikan perlawanan yang bagus. Permainan cukup berimbang dan kami berani menyerang. Cuma hasilnya masih di luar dugaaan. Kami mohon maaf kepada Bonek yang jauh-jauh datang dengan jumlah banyak sekali,” imbuhnya.

Hasil ini sekaligus menghentikan catatan belum kalah yang dibukukan oleh Persebaya Surabaya pada enam laga terakhir di Liga 1 2019. Kali terakhir Bajul Ijo menelan kekalahan 1-2 terjadi pada pekan pertama lalu saat bertandang ke markas Bali United.

2 of 2

Tanpa Amido Balde

Amido Balde (Persebaya Surabaya)
Amido Balde, striker Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Djanur tidak menampik bahwa hasil buruk yang didapat oleh timnya ini juga dipengaruhi oleh absennya striker Amido Balde. Pemain asal Guinea-Bissau itu mencetak hattrick ke gawang Persib Bandung pada laga terakhir (5/7/2019). Namun, dia setelah itu sakit hingga harus menjalani rawat inap.

“Yang saya lihat, dia terakhir tampil melawan Persib Bandung dengan menunjukkan penampilan bagus. Selama ini, kami punya kelebihan di sisi sayap dan mengirim bola-bola crossing, tapi itu tidak terjadi. Sangat terasa dengan absennya Amido Balde,” ucap Djanur. 

Kekalahan ini tidak berpengaruh terhadap posisi Persebaya. Mereka tetap menduduki peringkat keempat klasemen sementara dengan 12 poin dari delapan laga. Namun, beberapa klub di bawahnya, seperti PSS, Borneo FC, Arema FC, dan PSM Makassar berpotensi menggeser karena memainkan jumlah laga lebih sedikit.

Lanjutkan Membaca ↓