Komentar Bijak Seto Nurdiyantoro atas Pencapaian PSS di Awal Shopee Liga 1

Oleh Vincentius Atmaja pada 16 Jul 2019, 07:45 WIB
PSS Sleman

Bola.com, Sleman - PSS Sleman menjadi satu di antara tim promosi Liga 1 2019 yang lebih moncer sejauh ini. Tim Elang Jawa mampu nangkring di peringkat kelima klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Sebuah pencapaian yang tidak sembarangan bagi tim promosi. PSS Sleman tercatat meraih tiga kemenangan, tiga imbang, dan baru satu kali menelan kekalahan.

Hasil yang dicapai PSS jauh berbeda dengan raihan dua tim promosi lainnya, Kalteng Putra dan Semen Padang.

Kalteng Putra berada di urutan ke-12 dengan koleksi delapan poin. Sementara Semen Padang jauh lebih terpuruk, dengan jadi juru kunci.

PSS tercatat mampu meraih hasil di luar dugaan melawan tim-tim yang lebih mapan. Seperti menang atas Arema (15/5/2019) dan Persebaya Surabaya (13/7/2019). Kemudian mampu mencuri poin di markas Persipura Jayapura (31/5/2019). Hingga membuat sang juara bertahan Persija Jakarta hanya mampu menang tipis 1-0 atas PSS (3/7/2019).

Sampai tujuh pertandingaan yang dilakoni, PSS mengoleksi poin 12 atau terpaut empat poin dari pemuncak klasemen sementara, Tira Persikabo. Padahal, sebagian tim lain telah memainkan delapan pertandingan.

Jika PSS Sleman kembali meraih poin penuh saat menjamu PSIS Semarang, Rabu (17/7/2019), Brian Ferreira dkk. bisa menduduki peringkat ketiga.

2 of 2

Masih Terlalu Dini

PSS Sleman
Pemain PSS merayakan gol ke gawang Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (21/6/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, memberikan komentar bijak mengenai prestasi tim asuhannya yang terus melejit.

Seto tak setuju timnya mendapat predikat tim promosi yang lebih berprestasi ketimbang dua tim lainnya. Ia menilai pencapaian PSS saat ini belum menentukan apa-apa karena kompetisi yang masih panjang.

"Belum bisa dikatakan seperti itu. Kami sama saja dengan tim lainnya. Kami baru jalani tujuh pertandingan, masih ada 27 pertandingan lagi. Ini tidak bisa jadi ukuran," kata Seto kepada Bola.com.

"Nanti kalau sudah lewati separuh musim, mungkin baru bisa diprediksi. Yang jelas, masih terlalu dini mengatakannya," ujarnya.

Itulah mengapaa, Seto terus mengingatkan kepada Bagus Nirwanto cs. untuk tidak berpuas diri. Menurutnya, pemain harus tetap bekerja keras dan fokus menghadapi setiap pertandingan.

"Harapan saya agar setiap pemain tidak sombong dan takabur karena kami masih jauh jika dikatakan tim promosi paling bagus," tutur pelatih berusia 45 tahun ini.

Lanjutkan Membaca ↓