Sukses


Duel Tira Persikabo Vs Persija Diwarnai Kerusuhan Suporter

Bola.com, Bogor - Kemenangan 5-3 yang diraih Tira Persikabo atas Persija Jakarta dalam laga pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (16/7/2019), tercoreng. Kerusuhan pecah sesaat wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Kerusuhan terjadi setelah adanya bentrok antara oknum suporter Persija dengan oknum Ultras Persikabo Curva Sud (UPCS). Tak jelas awal mula penyebab kedua kelompok suporter tersebut bentrok.

Namun, UPCS yang unggul jumlah kemudian berlari menuju kelompok suporter Persija. UPSC bahkan melompati pagar untuk mengejar kelompok suporter Persija.

Pantauan Bola.com, pihak keamanan yang kalah jumlah tak mampu berbuat banyak. Kerusuhan kemudian mereda setelah pihak keamanan yang dibantu beberapa pemain Tira Persikabo mencoba menenangkan UPCS.

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, menyayangkan adanya kerusuhan yang terjadi di dalam Stadion Pakansari. 

"Saya hanya bisa mengimbau untuk belajar lebih dewasa menyaksikan pertandingan sepak bola. Ini kan bagian dari hiburan yang harus dijaga sama-sama," kata RD seusai pertandingan.

"Kami juga pemain dan pelatih harus lebih dewasa untuk menyikapi pertandingan. Yang waras lebih mengalah. Selalu yang saya tekankan kepada pemain saya," tegas RD.

Pelatih Tira Persikabo yang akrab disapa RD itu mengimbau semua kelompok suporter sepak bola di Indonesia untuk lebih dewasa dalam memberikan dukungan.

2 dari 2 halaman

Bukan The Jakmania

Oknum suporter Persija yang terlibat bentrok dengan UPSC bukan merupakan bagian dari The Jakmania atau bergerak di luar garis komando organisasi. Sebelumnya, melalui surat terbuka yang dikirim ke media-media, Pengurus Pusat The Jakmania, secara resmi memboikot pertandingan Tira Persikabo Vs Persija Jakarta.

The Jakmania menolak datang ke Stadion Pakansari sebagai bentuk protes naiknya harga tiket pertandingan. Awalnya, tiket pertandingan untuk suporter lawan dibanderol Rp50 ribu, namun dinaikkan menjadi Rp100 ribu.

Kenaikan harga tiket 'khusus' suporter Persija diyakini terjadi karena panpel pertandingan tim tuan rumah ingin memanfaatkan momentum. Seperti diketahui, Persija adalah satu di antara klub Indonesia yang memiliki basis suporter besar yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Video Populer

Foto Populer