Persebaya Mengevaluasi Lini Belakang Setelah Kalah dari PSM

Oleh Aditya Wany pada 18 Jul 2019, 07:45 WIB
PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya

Bola.com, Makassar - Persebaya Surabaya kembali mendapat hasil negatif dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Tim Bajul Ijo dipaksa takluk 1-2 kontra PSM Makassar saat menjalani pekan kesembilan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (17/7/2019) malam.

Tim tuan rumah berhasil mencetak gol berkat usaha Guy Junior pada menit ke-18 dan Ferdinand Sinaga pada menit ke-68. Sementara Persebaya sempat menyamakan kedudukan lewat pemain didikan PSM, yaitu Irfan Jaya, pada menit ke-41. 

Dua gol yang bersarang ke gawang Persebaya tercipta akibat kesalahan pemain belakang. Stoper Otavio Dutra selalu berada di dekat sang pencetak gol. Namun, pemain asal Brasil itu tidak berusaha menghalau bola umpan sehingga pemain lawan bebas melepas tembakan.

Kesalahan itu sebenarnya juga terjadi saat Persebaya kalah 1-2 dari PSS Sleman (13/7/2019). Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, mengakui timnya belum bisa membenahi kelemahan di lini belakang itu.

"Kami punya peluang mencetak gol. Tapi gol itu seharusnya bisa diantisipasi. Kesalahan kembali terjadi pada penjagaan lini belakang kami," ucap pelatih yang akrab disapa Djanur itu setelah laga. 

Sebelum melawan PSM, Persebaya juga kebobolan dua gol dalam satu laga. Mereka kalah 1-2 dari PSS dan bermain imbang 2-2 dengan Barito Putera (9/7/2019). Total, Persebaya Surabaya sudah kebobolan 6 gol dalam tiga laga terakhir.

 

2 of 2

Evaluasi

PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya
PSM Makassar mengalahkan Persebaya Surabaya 2-1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Rabu (17/7/2019). (Bola.com/Abdi Satria)

Hasil ini membuat Persebaya menelan dua kekalahan beruntun dalam dua pertandingan tandang terakhir. Menariknya, skor pertandingan juga identik. Sebelumnya, tim asal Kota Pahlawan itu juga kalah 1-2 dari PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman (13/7/2019).

"Ini situasi yang harus diperbaiki. Tapi, kami kekurangan waktu dalam usaha melakukan perbaikan itu karena jadwal pertandingan mepet. Kami akan mencoba terus memperbaiki," imbuh pelatih berusia 60 tahun itu.

Persebaya juga turun peringkat ke posisi keenam klasemen sementara dengan tetap mengoleksi 12 poin. Mereka disalip oleh PSIS Semarang dan Bhayangkara FC yang hari ini berhasil mencuri tiga poin, masing-masing di markas PSS Sleman dan Semen Padang.

Lanjutkan Membaca ↓