Derby Papua Digelar di Pasuruan, Persewar dan PSBS Beda Nasib di Grup Timur Liga 2

Oleh Gatot Susetyo pada 19 Jul 2019, 05:10 WIB
Persik Kediri vs Persewar Waropen

Bola.com, Pasuruan - Derby Papua Liga 2 2019 akan berlangsung di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan, Jumat (19/7/2019). Persewar Waropen sebagai tuan rumah sekaligus musafir yang menjamu saudaranya, PSBS Biak.

Kondisi terkini dua wakil Papua ini bak bumi dan langit. Meski jadi musafir, Persewar kini jadi penguasa klasemen sementara Grup Timur dengan koleksi delapan poin. Sementara PSBS terpuruk di posisi juru kunci dengan mengemas tiga angka.

Dari lima kali bertanding, Persewar tak pernah mengalami kekalahan. Anak asuh Carolino Ivakdalam tiga kali menang dan dua kali seri. Sebaliknya, PSBS telah empat kali berlaga dengan sekali menang, dan sisanya kalah.

Namun, pelatih PSBS Slamet Riadi tak silau dengan rekor saudara mudanya itu. Bahkan dia merasa terpacu untuk menodai catatan indah Persewar.

"Kami wajib menang. Kami ingin memperbaiki posisi dari juru kunci, naik ke papan tengah. Ini memang tantangan berat bagi kami. Bagi saya tak ada yang mustahil dalam pertandingan besok," kata Slamet Riadi.

Mantan bek PSMS ini bersyukur para pemain juga berambisi menundukkan Persewar. Apalagi mereka merasa sebagai kakak yang lebih dahulu berkiprah di Liga 2.

"Pemain punya harga diri tinggi. Laga derby selalu menarik dan penuh gengsi. Kami punya waktu istirahat cukup, setelah pertandingan melawan PSIM lalu. Jadi, anak-anak siap tampil maksimal," ujar Slamet Riadi.

Kubu Persewar tentu saja tak ingin ternodai. Bahkan anak-anak Seribu Bakau mengumpulkan poin sebanyak mungkin agar posisi sebagai pimpinan klasemen makin kokoh.

"Persaingan grup ini sangat ketat. Kami tak boleh lengah sedikit pun, jika tak ingin tergelincir dari puncak klasemen. Motivasi anak-anak juga makin tinggi usai mengalahkan Persik lalu," tutur Carolino Ivakdalam.