3 Pemain Plus Pelatih Terbaik Pekan ke-9 Liga 1 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 20 Jul 2019, 07:15 WIB
3 Pemain Terbaik

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 kian berjalan menarik. Pada pekan ke-9 yang baru rampung, sejumlah momen menarik terjadi.

Salah satunya ketika pemimpin klasemen sementara, Tira Persikabo, membantai 5-3 sang juara bertahan, Persija Jakarta.

Berkat kemenangan itu, Tira Persikabo berhasil mempertahankan posisi singgasana Liga 1 2019. Tim berjulukan Laskar Pajajaran itu mengumpulkan 19 poin dari sembilan pertandingan.

Meski kalah 0-2 dari Persela Lamongan, Bali United masih bertahan di peringkat kedua. Stefano Lilipalu dan kawan-kawan mengoleksi 16 angka dari delapan laga.

Perlahan, PSM mulai menyodok ke papan tengah klasemen Liga 1 2019. Kemenangan 2-1 atas Persebaya Surabaya membuat klub dengan sebutan lain Pasukan Ramang itu menduduki peringkat keenam dengan 13 poin dari enam partai.

Di papan bawah, Semen Padang kian terbenam. Menghadapi Bhayangkara FC, Semen Padang takluk 2-3. Sejauh ini, hanya Semen Padang tim yang belum meraih kemenangan.

Berikut tiga pemain plus satu pelatih terbaik pekan ke-9 Liga 1 2019 versi Bola.com:

2 of 5

Makan Konate (Arema FC)

Makan Konate (Arema FC)
Selebrasi gelandang Arema, Makan Konate, seusai menjebol gawang Persipura di Stadion Gajayana, Malang (4/7/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Makan Konate tiada hentinya berkontribusi maksimal terhadap Arema FC. Gelandang asal Mali tersebut mengukir hattrick saat timnya menelan Perseru Badak Lampung FC dengan skor 4-1.

Total, Konate telah mengemas lima gol bagi Arema FC. Serupa dengan perolehan Dedik Setiawan. Torehan mengagumkan bagi dirinya yang notabene berperan sebagai playmaker.

3 of 5

Alex dos Santos (Persela Lamongan)

Alex Goncalves (Persela Lamongan)
Striker Persela, Alex Goncalves. (Bola.com/Aditya Wany)

Setiap pekannya, Alex dos Santos makin tajam. Setelah menorehkan hattrick pada pekan lalu, bomber asal Brasil ini kembali subur dengan mencetak dua gol kemenangan Persela Lamongan atas Bali United.

Produktivitas Alex turut berkontribusi terhadap peningkatan posisi Persela. Tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu mulai merangkak dari zona degradasi dengan menempati peringkat ke-13 dengan delapan poin dari sembilan laga.

4 of 5

Osas Saha (Tira Persikabo)

Osas Saha, Tira Persikabo
Pemain Tira Persikabo, Osas Saha, berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Persib Bandung, pada Piala Presiden 2019 di Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Osas Saha adalah aktor kemenangan Tira Persikabo 5-3 atas Persija. Berkat dua golnya, Laskar Pajajaran makin kukuh di puncak klasemen sementara.

Bersama Loris Arnaud dan Ciro Alves, Osas membentuk tridente menyeramkan di lini depan Tira Persikabo. Arnaud dan Osas sama-sama mengoleksi tiga tahun. Adapun, Ciro membukukan tujuh gol.

5 of 5

Jacksen F. Tiago (Pelatih Persipura Jayapura)

Liga Remaja UC News
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago, saat menemui media di Restoran Bluegrass, Jakarta, Senin (4/11/2017). Dirinya akan membina 13 anak Maluku dalam pelatihan Liga Remaja UC News. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Magis Jacksen F. Tiago bagi Persipura Jayapura masih ada. Baru menggantikan Luciano Leandro di posisi pelatih, figur asal Brasil itu membawa Boaz Solossa dan kawan-kawan meraih kemenangan pertamanya di musim ini.

Jacksen mengantar Persipura mengalahkan Madura United dengan skor tipis, 1-0 pada pekan ke-9 Liga 1 2019. Bagi Madura United, kekalahan tersebut menjadi yang pertama di musim ini.

Lanjutkan Membaca ↓