PSBS Mempermalukan Persewar dalam Derbi Papua di Pasuruan

Oleh Gatot Susetyo pada 19 Jul 2019, 21:50 WIB
Diperbarui 21 Jul 2019, 07:17 WIB
Persewar Waropen vs PSBS Biak

Bola.com, Pasuruan - PSBS Biak membuat kejutan dengan menumbangkan pemuncak klasemen sementara Grup Timur, Persewar Waropen. Bermain di kandang lawan dalam laga lanjutan Liga 2 2019 di Stadion Untung Suropati, Kota Pasuruan, Jumat (18/7/2019), PSBS menang telak 3-1.

Sebelum laga digelar, Persewar adalah pimpinan klasemen sementara, sedangkan PSBS Biak sebagai juru kunci. Persewar juga menekuk Persik di Kediri pada pertandingan sebelumnya.

Alhasil, tim asuhan Elie Aiboy itu lebih diunggulkan ketimbang PSBS Biak. Namun, hasil di lapangan memperlihatkan hal berbeda. 

Pelatih PSBS, Slamet Riadi, mengaku kaget dengan motivasi anak asuhnya yang tampil luar biasa. "Karena ini partai derbi Papua, pemain main bagus sekali. Mereka mempertaruhkan harga diri," kata Slamet Riadi. 

Kemenangan kali pertama di luar kandang ini mengatrol posisi PSBS ke urutan enam klasemen sementara Grup Timur.

"PSBS butuh proses, karena pembentukan tim sangat mendadak. Pemain mulai paham dengan strategi saya. Sebenarnya kemajuan tim ini sudah nampak saat kalah atas PSIM lalu," tutur mantan bek PSMS itu.

Di sisi lain, kekalahan ini tak menggusur posisi Persewar dari takhta klasemen sementara. Persewar mengumpulkan poin 11 dari enam pertandingan, sementara PSBS Biak mendapat tambahan tiga poin berharga, menjadi enam dari lima pertandingan.